Fajrin, Nilamsari Dama Yanti (2015) Analisis kesesuaian buku siswa kelas V dengan karakteristik pembelajaran tematik dan pendekatan saintifik / Nilamsari Dama Yanti Fajrin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fajrin Nilamsari Damayanti. 2015. Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas V Tema Peristiwa dalam Kehidupan dengan Karakteristik Pembelajaran Tematik dan Pendekatan Saintifik. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. Sutarno M.Pd. Kata Kunci analisis buku siswa pembelajaran tematik pendekatan saintifik SD Buku siswa merupakan acuan pembelajaran bagi siswa di kelas. Oleh karena itu isi buku harus sesuai dengan kompetensi yang ditentukan. Fakta di lapangan ditemukan beberapa bagian yang tidak dianggap tidak sesuai oleh pengguna (guru). Untuk itu perlu dilakukan analisis isi buku. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesesuaian buku dengan karakteristik pembelajaran tematik pendekatan saintifik dan karakteristik buku ajar yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan isi buku dengan kriteria yang telah ditentukan. Selanjutnya dianalisis berdasarkan persentase kesesuaian dan dikonversikan dalam lima kategori yaitu sangat baik baik cukup kurang dan sangat kurang. Hasil analisis menunjukkan tingkat kesesuaian dengan isi buku siswa sebagai berikut. (1) Karakteristik pembelajaran tematik termasuk kategori sangat baik (86 86%) ditinjau dari segi holistisitas termasuk kategori baik (79 4%) segi kebermaknaan termasuk kategori sangat baik (94 44%) segi keotentikan termasuk kategori sangat baik (86 11%) dan segi keaktifan termasuk kategori sangat baik (87 5%). (2) Pendekatan saintifik termasuk kategori baik (77 78%) ditinjau dari segi kemunculan termasuk kategori sangat baik (91 67%) dan segi keruntutan termasuk kategori baik (63 89%). (3) Karakteristik buku ajar yang baik termasuk kategori baik (70 37%) ditinjau dari segi relevansi termasuk kategori baik (76 39%) segi kelengkapan sajian termasuk kategori cukup (50%) dan segi kaidah bahasa termasuk kategori sangat baik (84 72%). Ketidaksesuaian pada buku siswa ditemukan pada beberapa segi. Temuan pertama yaitu segi holistisitas karena mata pelajaran matematika dan PJOK dalam pembelajaran tidak terpadu. Kedua segi keruntutan langkah-langkah pendekatan saintifik. Ketiga segi relevansi karena sajian materi tugas dan latihan tidak sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Keempat dalam segi kelengkapan sajian. karena pada buku siswa tidak ada petunjuk belajar informasi pendukung rangkuman materi evaluasi dan penilaian. Secara keseluruhan kesesuaian Buku Siswa Kelas V Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan termasuk kategori baik (78 34%). Saran perbaikan yaitu batas-batas antar mata pelajaran lebih dileburkan langkah-langkah pendekatan saintifik diurutkan relevansi kompetensi dengan isi pembelajaran lebih diselaraskan sajian buku lebih dilengkapi dan pengetikan lebih teliti supaya tidak ada kesalahan penulisan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6046 |
Actions (login required)
View Item |