Sulastri (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran muatan lokal pendidikan lingkungan hidup dengan model pembelajaran Group Investigation untuk SMA/MA / Sulastri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sulastri 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Model Pembelajaran Group Investigation untuk SMA/ MA.Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. Fatchur Rohman M.Si. (2) Prof. Dr. Hj.Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran PLH Group Investigation Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai materi muatan lokal di sekolah menengah belum dikembangkan dengan sebuah perencanaan pembelajaran yang lengkap dan sesuai. Perangkat pembelajaran yang disusun belum diarahkan berdasarkan pendekatan dan metode pembelajaran tertentu yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar dan karakteristik peserta didik sehingga belum mengembangkan pengetahuan sikap dan ketrampilan investigasi siswa dengan optimal. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi ajar dan karakteristik peserta didik sehingga diharapkan mampu mengukur aspek pengetahuan sikap maupun ketrampilan investigasi peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation materi Lingkungan Hidup kota Probolinggo meliputi silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahan ajar (Handout) Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) dan instrumen penilaian. Model penelitian dan pengembangan merupakan hasil adaptasi model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari (1) pendefinisian (2) perencanaan (3) pengembangan dan (4) penyebaran. Uji validasi ahli dilakukan oleh ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi sedangkan uji pengembangan meliputi uji perorangan dan uji kelompok kecil yang melibatkan subyek coba peserta didik. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis skor penilaian dari angket berskala sehingga diketahui kriteria kelayakan perangkat pembelajaran. Sedangkan saran dan masukan dari subyek coba digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap produk pengembangan. Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi secara keseluruhan menyatakan produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat layak analisis skor rata-rata hasil penilaian ahli berdasarkan kriteria tingkat kelayakan dan revisi produk menunjukkan bahwa secara keseluruhan perangkat pembelajaran yang dihasilkan memiliki kriteria sangat layak. Hasil yang sama juga diperoleh pada uji perorangan dimana analisis skor rata-rata penilaian peserta didik terhadap Handout dan LKPD menunjukkan bahwa kedua produk pengembangan tersebut sangat layak mendukung keterbacaan. Hasil analisis pada uji kelompok kecil menunjukkan bahwa skor keterlaksanaan pembelajaran termasuk pada kriteria baik. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukkan dari ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan sikap dan ketrampilan investigasi yang melebihi 80%. Saran pengembangan lebih lanjut (1) melaksanakan uji coba lapangan untuk mengetahui efektifitas dan pengaruh perangkat pembelajaran terhadap hasil belajar (2) memasukkan seluruh bahan kajian mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan (3) mempertimbangan penggunaan model pembelajaran yang lain agar kegiatan pembelajaran lebih bervariasi (4) mengembangkan instrumen penilaian terhadap proses belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60411 |
Actions (login required)
View Item |