Pengaruh strategi pembelajaran integrasi think-pair-share dan reciprocal teaching terhadap hasil belajar kognitif dan retensi biologi siswa berkemampuan akademik berbeda di SMAN 1 Batu / Suharlik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran integrasi think-pair-share dan reciprocal teaching terhadap hasil belajar kognitif dan retensi biologi siswa berkemampuan akademik berbeda di SMAN 1 Batu / Suharlik

Suharlik (2011) Pengaruh strategi pembelajaran integrasi think-pair-share dan reciprocal teaching terhadap hasil belajar kognitif dan retensi biologi siswa berkemampuan akademik berbeda di SMAN 1 Batu / Suharlik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I. Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D II. Prof. Dr. Duran Corebima M.Pd. Kata kunci reciprocal teaching think pair share retensi Biologi Pendidikan mempunyai makna sebagai proses mengubah tingkah laku anak didik agar menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan alam sekitar individu itu berada. Sebagai seorang guru sangat perlu memahami perkembangan peserta didik yang meliputi perkembangan fisik perkembangan sosio emosional dan bermuara pada perkembangan intelektual. Perkembangan tersebut sangat diperlukan untuk merancang pembelajaran yang kondusif akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu meningkatkan proses dan hasil belajar yang diinginkan. Salah satu strategi pembelajaran yang berpotensi dapat meningkatkan hasil belajar dan retensi siswa adalah strategi integrasi Reciprocal Teaching dan Think-Pair-Share. Keunggulan strategi ini pada fase meringkas dapat melatih siswa dalam mengelola informasi karena dengan meringkas diperlukan kegiatan membaca sehingga memunculkan ide dan merangkum ide juga dalam meringkas ada kegiatan mengevaluasi dan merevisi agar tulisan menjadi bermakna. Dan Strategi TPS merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang menekankan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share dan Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar kognitif dan retensi siswa SMA. 2) perbedaan hasil belajar kognitif dan retensi pada siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. 3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran Think Pair Share dan Reciprocal Teaching dan kemampuan akademik terhadap terhadap hasil belajar kognitif dan retensi siswa SMA. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Variabel bebas adalah strategi pembelajaran dan kemampuan akademik. Variabel terikat adalah hasil belajar kognitif dan retensi siswa. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMAN 1 Batu semester ganjil tahun pelajaran 2010/ 2011. Penarikan sampel dengan tehnik cluster random sampling sampel terdiri empat kelas dengan strategi 4 masing-masing kelas 32 siswa. Kelas X 3 diperlakukan dengan strategi RT kelas X4 dengan strategi integrasi RT dan TPS X7 strategi konvensional dan kelas X9 strategi TPS. Sampel penelitian 33 3% siswa kemampuan akademik tinggi dan 33 3% siswa kemampuan akademik rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes untuk memperoleh data skor hasil belajar kognitif dan skor retensi siswa. Uji hipotesis digunakan tehnik analisis kovarian (anacova) pada taraf signifikansi 0 05. Analisis data menggunakan Fasilitas SPSS for windows. Jika menunjukkan nilai Fhitung signifikan maka perlu dilanjukan uji beda. Sebelum uji kovarian dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa. Strategi pembelajaran integrasi RT dan TPS lebih tinggi dibanding dengan strategi TPS dan strategi konvensional.Tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar terkoreksi siswa yang dibelajarkan dengan strategi integrasi RT dan TPS dan strategi RT. Rata-rata skor hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi TPS lebih tinggi dibandingkan dengan strategi yang lain biarpun selisih tidak terlalu besar.Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap daya retensi hasil belajar kognitif siswa. Daya retensi hasil belajar kognitif yang paling tinggi terlihat pada strategi TPS dan menunjukkan perbedaan yang bermakna dengan strategi Integrasi RT dan TPS strategi RT dan strategi konvensional. Daya retensi hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan strategi TPS jauh lebih tinggi 3 54 % dari skor akhir pembelajaran. Ada pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif. Rata-rata skor terkoreksi hasil belajar siswa akademik tinggi dan kemampuan akademik rendah berbeda secara signifikan. Kemampuan akademik tinggi akan lebih banyak memperoleh hasil belajar dibanding dengan kelompok siswa akademik rendah.Terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif siswa. Strategi RT TPS dan integrasi RT dan TPS sesuai diterapkan pada siswa kemampuan akademik. tinggi dan akademik rendah dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Implementasi strategi RT TPS dan Integrasi RT dan TPS berpotensi meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan kemampuan akademik tinggi maupun kemampuan akademik rendah. Tidak terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap daya retensi hasil belajar siswa. Rata-rata terkoreksi yang paling tinggi yaitu 90 529 terlihat pada strategi TPS kemampuan akademik tinggi nampak adanya penurunan daya retensi hasil belajar pada strategi integrasi RT dan TPS akademik tinggi. Secara umum semua strategi rata-rata skor retensi hasil belajar terjadi peningkatan. Peningkatan yang paling tinggi nampak pada strategi konvensional akdemik rendah. Berdasarkan temuan tersebut maka secara umum dapat disimpulkan bahwa 1). Strategi pembelajaran Integrasi RT dan TPS berpotensi meningkatkan hasil belajar dan retensi siswa cocok diterapkan pada siswa kemampuan akademik tinggi maupun rendah. 2) strategi pembelajaran Integrasi RT dan TPS dapat diterapkan dalam pembelajaran Biologi di SMAN1 Batu pada materi Keaneka Ragaman Mahluk Hidup. Mengacu pada hasil penelitian ini maka disarankan 1) dalam melaksanakan pembelajaran Biologi guru perlu menerapkan strategi Integrasi RT TPS karena dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan daya retensi siswa. 2) Bagi yang ingin mengembangkan strategi ini agar dapat diuji pada variabel-variabel lain berpengaruh terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60319

Actions (login required)

View Item View Item