Ismail (2006) Pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD dan STM terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Samudera Kabupaten Aceh Utara / oleh Ismail. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Pascasar sajana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mimien He nie Irawati MS. (II) Dr. Hedi Sutomo SU. Kata kunci pengaruh ARIAS peta konsep berpikir kritis kognitif dan afektif Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rendahnya kua-litas belajar Biologi di kalangan siswa Madrasah Aliyah tersebut disebabkan ka-rena model pembelajaran yang digunakan guru tidak mengacu pada prinsip dan sintaks pembelajaran yang digunakan sehingga berpengaruh terhadap keefektipan pembelajaran dalam kelas yang akan mengakibatkan rendahnya hasil belajar sis-wa. Rendahnya kemampuan berpikir kritis kognitif siswa terlihat dari hasil ulan-gan yang telah dilakukan oleh guru biologi. Hasil ulangan menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang te-lah ditentukan oleh madrasah yaitu 70. Afektif siswa juga masih rendah dan ren-dahnya afektif siswa terlihat dari sikap siswa dalam kegiatan pembelajaran se perti masih banyak siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan baik ku rang mengerjakan tugas yang diberikan guru masih banyak siswa yang kurang mengahargai waktu dan tidak memper hatikan penjelasan guru dengan baik. permasalahan tersebut di atas dapat dirumuskan sebagai berikut (1) apa-kah ada pengaruh model pembelajaran assurance relevance interest assessment dan satisfaction (ARIAS) model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep dan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran assurance relevance interest assessment dan satisfaction (ARIAS) model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep dan peta konsep terhadap kemam-puan kognitif (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran assurance rele-vance interest assessment dan satisfaction (ARIAS) model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep dan peta konsep terhadap afektif Untuk menjawab perta-nyaan di atas penelitian ini menggunakan rancanga kuasi eksperimen dengan pretes dan postes. Penelitian ini dilaksanakan di MA Darul Kamal NW Kebang Kerang Lombok Timur. Jumlah sampel penelitian yang digunakan dalam peneli-tian ini adalah 90 orang. Sampel ini diambil dengan tekhnik sampling jenuh menggunakan seluruh kelas 1. Penelitian ini menggunakan tes uraian lembar ob-servasi dan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterlak-sanaan pembelajaran jika dilihat dari tiap aspek dan subaspek kegiatan adalah sangat baik meskipun kemudian hasil refleksi data observasi oleh observer terda-pat beberapa kendala pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran (2) Nilai rata-rata hasil postes kemampuan berpikir kritis untuk kelompok model pembelajaran ARIAS dipadu Peta Konsep tergolong kategori sangat baik (A) bila dibandingkan dengan kelas perlakuan dengan model pembelajaran ARIAS yang tergolong kategori baik (B) dan dengan kelas perlakuan Peta Konsep termasuk kategori baik (B). Peningkatan tertinggi kemapuna berpikir kritis terdapat pada siswa yang diperlakukan dengan model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep kemudian berikutnya siswa yang diperlakukan dengan ARIAS dan yang paling rendah ada-lah siswa yang diperlakukan dengan peta konsep (3) Nilai rata-rata hasil postes kemampuan kognitif untuk kelompok model pembelajaran ARIAS dipadu Peta Konsep tergolong kategori sangan baik (A) bila dibandingkan dengan kelas per-lakuan dengan model pembelajaran ARIAS yang tergolong kategori baik (B) dan kelas perlakuan Peta Konsep termasuk kategori baik (B) (4) Nilai rata-rata hasil pengamatan afektif untuk kelompok model pembelajaran ARIAS dipadu Peta Konsep tergolong kategori sangan baik (A) bila dibandingkan dengan kelas per-lakuan dengan model pembelajaran ARIAS yang tergolong kategori baik (B) dan dengan kelas perlakuan Peta Konsep termasuk kategori baik (B). Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian di atas adalah (1) ke-terlaksanaan pembelajaran sangat baik meskipun kemudian hasil refleksi data observasi oleh observer terdapat beberapa kendala pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran (2) ada pengaruh model pembelajaran assurance relevance inte-rest assessment dan satisfaction (ARIAS) model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep dan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis (2) ada penga-ruh model pembelajaran assurance relevance interest assessment dan satisfac-tion (ARIAS) model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep dan peta konsep terhadap kemampuan kognitif (3) ada pengaruh model pembelajaran assurance relevance interest assessment dan satisfaction (ARIAS) model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep dan peta konsep terhadap afektif. Bertitik tolak dari temuan hasil penelitian di atas beberapa saran yang dapat diajukan adalah (1) model pembelajaran ARIAS dipadu Peta Konsep dapat menaikkan nilai postes yang paling tinggi sehingga layak untuk direkomenda-sikan sebagai model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kognitif dan afektif dalam pembelajaran Biologi (2) bagi guru yang akan menerapkan model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswanya agar memperhatikan langkah-langkah atau sintaks yang ada dalam model pembelajaran tersebut (3) bagi peneliti atau guru yang berminat untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang model pem-belajaran ARIAS dipadu peta konsep hendaknya memperhatikan temuan penelitian ini bahwa model pembelajaran ARIAS dipadu peta konsep efektif dalam mening-katkan kemampuan berpikir kritis kemampuan kognitif dan afektif pada materi virus dan bakteri dan (4) peneliti lain yang berminat menggunakan model pem-belajaran ARIAS dipadu peta konsep sebagai model pembelajaran yang belum ba-nyak diteliti dan diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas perlu ditindak lanjuti pada materi biologi lainnya ataupun bidang studi yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2006 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2006 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60258 |
Actions (login required)
View Item |