Pengembangan permainan kartu kuartet sebagai media pembelajaran IPS materi jual beli untuk siswa kelas III semester 2 SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Meita Candra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan kartu kuartet sebagai media pembelajaran IPS materi jual beli untuk siswa kelas III semester 2 SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Meita Candra Dewi

Dewi, Meita Candra (2015) Pengembangan permainan kartu kuartet sebagai media pembelajaran IPS materi jual beli untuk siswa kelas III semester 2 SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Meita Candra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Meita Candra. 2015. Pengembangan Permainan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Jual Beli Untuk Siswa Kelas III Semester 2 SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd (II) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan media permainan kartu kuartet IPS materi jual beli Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data bahwa belum menggunakan media untuk IPS materi jual beli pada kurikulum KTSP 2006. Selain itu untuk pembelajaran diperlukan media yang praktis efisien menarik dan efektif. Terkait dengan hal tersebut tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni untuk mengha-silkan media kartu kuartet buku petunjuk untuk siswa dan guru dan RPP untuk pembelajaran IPS materi jual beli yang praktis efisien menarik dan efektif. Media permainan kartu kuartet yang dipakai sebagai media jual beli yakni permainan kartu yang telah diganti isinya yang semula hanya bersifat hiburan menjadi materi IPS jual beli. Pemilihan media belajar harus ditentukan oleh tujuan pembelajaran yang dicapai dan karakteristik siswa. Siswa kelas III dalam teori Piaget termasuk dalam tahap operasional konkret. Pembelajaran bermakna apalagi permainan yang bersifat menyenangkan cocok untuk memotivasi belajar siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan ini memakai prosedur Borg dan Gall (dalam Sukmadinata 2005 169-170). Berikut prosedur yang dilalui peneliti (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji evaluasi ahli (5) revisi produk hasil evaluasi ahli (6) uji coba la-pangan kelompok kecil (7) revisi produk hasil uji lapangan kelompok kecil (8) uji coba lapangan kelompok besar dan (9) revisi produk hasil uji lapangan kelompok besar sekaligus sebagai produk akhir. Instrumen yang dipakai adalah kuisioner tes dan observasi. Jenis data merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Setelah uji evaluasi oleh para ahli terhadap media kartu kuartet jual beli hasil dari ahli materi IPS memperoleh hasil 81 2% dan termasuk kriteria valid sedangkan oleh ahli media memperoleh 81% dan termasuk kriteria valid. Aspek kepraktisan oleh guru kelas memperoleh 85 6% dan termasuk kriteria praktis. Pada uji kelompok kecil kepraktisan menurut siswa memperoleh hasil 87 7% dan termasuk kriteria praktis. Sedangkan pada uji kelompok besar memperoleh 88 3% dan termasuk kriteria praktis. Aspek keefisienan media menurut guru memperoleh 88 8% dan termasuk kategori efisien. Aspek kemenarikan menurut siswa media pada uji kelompok kecil memperoleh 90% dan termasuk dalam kriteria menarik. Sedangkan pada uji kelompok besar memperoleh rata-rata 88 2% dan termasuk dalam kriteria menarik. Media termasuk media yang efektif karena setelah uji coba kelompok kecil siswa yang tuntas 77 7% sedangkan pada uji kelompok besar ketuntasan mencapai 75 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kar-tu kuartet jual beli valid efisien praktis menarik dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi jual beli kelas III di SD Gugus II Kecamatan Ke-dungkandang Kota Malang. Adapun saran dari ahli materi gambar yang digunakan hendaknya memilih gambar yang tepat utuh dan mudah dipahami siswa. Sedangkan saran dari ahli media ialah untuk memperbesar buku petunjuk penggunaan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item View Item