Pengaruh POGIL pendekatan verifikasi dan keterampilan berpikir ilmiah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi / Erga Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh POGIL pendekatan verifikasi dan keterampilan berpikir ilmiah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi / Erga Kurniawati

Kurniawati, Erga (2018) Pengaruh POGIL pendekatan verifikasi dan keterampilan berpikir ilmiah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi / Erga Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawati Erga. 2017. Pengaruh POGIL Pendekatan Verifikasi dan Keterampilan Berpikir Ilmiah terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Laju Reaksi. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Effendy M.Pd. Ph.D. (II) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata-kata kunci POGIL verifikasi keterampilan berpikir ilmiah hasil belajar kognitif laju reaksi Laju Reaksi merupakan salah satu materi kimia yang berpotensi sulit dipahami oleh siswa karena melibatkan konsep abstrak tiga tingkat representasi kimia perhitungan matematika dan memerlukan keterampilan berpikir ilmiah. Siswa dapat memahami konsep abstrak apabila telah memiliki keterampilan berpikir ilmiah yang tinggi. Laporan penelitian menunjukkan bahwa belum semua siswa SMA mencapai keterampilan berpikir ilmiah yang tinggi. Siswa yang memiliki keterampilan berpikir ilmiah rendah berpotensi mengalami kesulitan dalam memahami materi Laju Reaksi. Kesulitan yang dialami oleh siswa dapat mengakibatkan pemahaman siswa rendah sehingga hasil belajar kognitif rendah. Sejauh ini pembelajaran kimia didominasi oleh pendekatan verifikasi. Laporan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak efektif dalam mengembangkan kemampuan keterampilan berpikir ilmiah siswa. POGIL (Proses Oriented Guided Inquiry Learning) ternyata lebih efektif dibandingkan pendekatan verifikasi. POGIL teriri dari lima tahapan yaitu orientasi eksplorasi konstruksi konsep aplikasi dan penutup. Pada tiap tahapan POGIL guru memberikan stimulasi intelektual berupa pertanyaan-pertanyaan yang mampu mengarahkan siswa mengembangkan keterampilan berpikir ilmiah. Adanya pengembangan keterampilan berpikir ilmiah diharapkan pemahaman konsep siswa semakin tinggi sehingga hasil belajar kognitifnya tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan (1) perkembangan keterampilan berpikir ilmiah siswa (2) perbedaan hasil kognitif siswa yang dibelajarkan dengan POGIL dan verifikasi dan (3) interaksi pendekatan pembelajaran dengan keterampilan berpikir ilmiah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen faktorial 2 2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 8 Malang. Sampel penelitian sebanyak 22 pasang siswa dengan skor KBI sebanding yang diambil dari dua kelas homogen. Data penelitian adalah skor KBI dan hasil belajar kognitif siswa. Data skor KBI dikumpulkan menggunakan instrumen terjemahan dari Clasroom Test of Scientific Reasoning yang dikembangkan oleh Lawson. Tes tersebut terdiri dari 24 butir soal dengan koefisien reliabilitas dihitung menggunakan persamaan Alpha Cronbach sebesar 0 68. Hasil belajar kognitif dikumpulkan menggunakan tes two-tier yang terdiri dari 17 butir dengan validitas isi sebesar 0 96 dan koefisien reliabilitas dihitung menggunakan persamaan Alpha Cronbach sebesar 0 70. Keefektifan POGIL dibandingkan pendekatan verifikasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Sebanyak 4 6% siswa kelas X MIPA SMA berada pada tingkat keterampilan berpikir concrete 77 2% berada pada tingkat keterampilan berpikir low formal dan 18 2% berada pada tingkat ii keterampilan berpikir upper formal (2) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan POGIL dan pendekatan verifikasi pada materi Laju Reaksi POGIL memberikan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan verifikasi (3) Tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keterampilan berpikir ilmiah siswa artinya keefektifan pendekatan pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman konsep pada materi Laju Reaksi tidak dipengaruhi oleh keterampilan berpikir ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60218

Actions (login required)

View Item View Item