Community of inquiry dalam blended learning serta hubungannya dengan hasil belajar kognitif materi NMR dan interaksi online mahasiswa / Indira Wahyu Alfaterra - Repositori Universitas Negeri Malang

Community of inquiry dalam blended learning serta hubungannya dengan hasil belajar kognitif materi NMR dan interaksi online mahasiswa / Indira Wahyu Alfaterra

Alfaterra, Indira Wahyu (2018) Community of inquiry dalam blended learning serta hubungannya dengan hasil belajar kognitif materi NMR dan interaksi online mahasiswa / Indira Wahyu Alfaterra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Alfaterra Indira Wahyu. 2018. Community of Inquiry dalam Blended Learning serta Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Materi NMR dan Interaksi Online Mahasiswa Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph. D. (2) Dr. Suharti S. Pd. M. Si. Kata kunci Community of Inquiry hasil belajar kognitif interaksi online NMR Pencapaian tujuan pendidikan nasional disertai dengan penerapan kurikulum pembelajaran yang sesuai baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Kurikulum perguruan tinggi disesuaikan dengan kompetensi yang diharapkan dari mahasiswa pada suatu mata kuliah. Sub materi yang perlu dipelajari oleh mahasiswa yaitu prinsip kerja instrumen NMR bagian dan fungsi instrumen NMR serta penggunaan NMR. Mata kuliah analisis instrumen diajarkan dengan 3x50 menit pertemuan tatap muka tugas terstruktur dan belajar mandiri. Pendidik sulit mengobservasi tugas terstruktur dan belajar mandiri. Kemajuan teknologi memungkinkan terjadinya pembelajaran online maupun blended. Blended learning dapat meningkatkan interaksi. Peningkatan interaksi dapat membantu jalannya community of inquiry. Community of inquiry yang terdiri dari kehadiran sosial kehadiran kognitif dan kehadiran pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pencapaian waktu blended learning mendeskripsikan Community of Inquiry yang dilakukan dan mendeskripsikan temuan yang didapatkan dari interaksi online mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 26 orang mahasiswa jurusan kimia Universitas Negeri Malang yang menempuh mata kuliah Analisis Instrumen pada tahun ajaran 2017/2018. Mahasiswa mempelajari materi NMR dengan menggunakan metode blended learning dan terbentuk Community of Inquiry. Pertemuan tatap muka sebanyak 3 kali dan pertemuan online (synchronous) melalui forum e-learning sebanyak 2 kali. Mahasiswa melakukan diskusi secara asynchronous dengan kelompok kecilnya masing-masing melalui whatsapp. Sumber data pada penelitian ini meliputi proses blended learning termasuk di dalamnya yaitu penilaian pemahaman konsep instrumen pembelajaran dan lembar observasi keterlaksanaan serta proses pemahaman konsep mahasiswa termasuk di dalamnya yaitu interaksi online mahasiswa berupa transkrip diskusi online. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Blended learning yang dilakukan membutuhkan waktu lebih sedikit daripada waktu pembelajaran yang tercantum dalam kurikulum analisis instrumen. Community of inquiry berjalan dengan baik dilihat dari unsur kehadiran kognitif kehadiran pengajaran dan kehadiran sosial. Temuan penelitian dalam interaksi online adalah sebagai berikut (1) diskusi mahasiswa berisi pertukaran jawaban dan jarang terjadi perdebatan (2) kedua kelompok cenderung mengirim chat ke e-learning (3) sebagian besar interaksi yang diberikan mahasiswa adalah interaksi tidak bermakna (4) mahasiswa cenderung memiliki langkah diskusi tertentu dalam memahami konsep (5) jumlah chat whatsapp mahasiswa tidak menunjukkan hubungan dengan peningkatan skor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60215

Actions (login required)

View Item View Item