Kurniawati, Anggie (2015) Studi kasus pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IVA SDN Madyopuro 1 Malang / Anggie Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawati Anggie. 2015. Studi Kasus Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Kelas IV A SDN Madyopuro 1 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. Kata kunci pembelajaran tematik kelas IV SD Mulai tahun ajaran 2013-2014 pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang kurikulum 2013 yang diterapkan di semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD/MI SMP/MTs hingga tingkat SMA/MA/SMK. Pada jenjang SD/MI akan mendapatkan porsi perubahan yang cukup banyak salah satunya dalam pelaksanaan pembelajaran yang semula menggunakan pendekatan mata pelajaran menjadi pendekatan tematik terpadu yang diterapkan dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik terpadu merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema yang mengintegrasikan sikap keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran serta mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan sehingga pembelajaran akan memberikan makna yang utuh kepada siswa. Adanya perubahan tersebut menuntut kesiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran tematik terutama guru sebagai pelaksana pembelajaran di kelas. Idealnya pembelajaran tematik di sekolah dasar dilaksanakan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan yang ada. Namun dalam penerapannya ternyata pembelajaran tematik ini masih mengalami masalah dan hambatan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan beberapa hal terkait pelaksanaan pembelajaran tematik yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan penilaian di kelas IV A SDN Madyopuro 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh tiga simpulan sebagai berikut. Pertama pada tahap perencanaan guru mengalami permasalahan yaitu (1) guru tidak membuat pemetaan KD dan jaringan tema (2) silabus yang dikembangkan oleh guru belum sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan silabus (3) penjabaran KD menjadi indikator dan tujuan pembelajaran pada RPP masih kurang (4) tujuan pembelajaran belum memenuhi kaidah ABCD dan belum dirumuskan dengan kata kerja operasional (5) penilaian tidak direncanakan dengan kiteria yang jelas dan terukur. Kedua pada tahap pelaksanaan permasalahan yang dialami oleh guru diantaranya (1) guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan (2) keterpaduan antar muatan pelajaran belum terlihat (3) pelaksanaan pembelajaran tidak mengacu pada KD (4) metode yang diterapkan guru belum memfasilitasi keterlibatan siswa secara aktif dan keterpaduan antar muatan pelajaran (5) guru belum memanfaatkan media dan sumber belajar dalam pelaksanaan pembelajaran. Ketiga pada tahap penilaian penilaian yang dilaksanakan oleh guru sudah mencakup penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan. Penilaian kinerja tes penilaian produk penugasan/proyek dan portofolio sudah dilaksanakan oleh guru namun guru mengalami kendala dalam membuat pedoman penskoran pada instrumen penilaian sehingga penilaian menjadi kurang jelas dan tidak terukur. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian maka disarankan agar kepala sekolah terus melakukan pembinaan pengawasan dan evaluasi kepada guru dalam mengelola pembelajaran tematik. Selain itu bagi guru kelas IV A diperlukan persiapan yang lebih matang dalam merencanakan pembelajaran tematik agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6021 |
Actions (login required)
View Item |