Efektifitas penggunaan bahan ajar konsep larutan berbantuan multimedia menggunakan pendekatan saintifik pada hasil belajar siswa kelas XI Agribisnis Produksi Tanaman SMK / Ambar Retnoningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penggunaan bahan ajar konsep larutan berbantuan multimedia menggunakan pendekatan saintifik pada hasil belajar siswa kelas XI Agribisnis Produksi Tanaman SMK / Ambar Retnoningrum

Retnoningrum, Ambar (2017) Efektifitas penggunaan bahan ajar konsep larutan berbantuan multimedia menggunakan pendekatan saintifik pada hasil belajar siswa kelas XI Agribisnis Produksi Tanaman SMK / Ambar Retnoningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Retnoningrum Ambar. 2017. Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Konsep Larutan Berbantuan Multimedia Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Hasil Belajar Siswa Kelas XI Agribisnis Produksi Tanaman SMK. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. (II) Dr. Aman santoso M.Si Kata kunci Bahan Ajar konsep larutan SMK Agribisnis Produksi Pertanian multimedia pendekatan saintifik Mata pelajaran kimia SMK merupakan kelompok mata pelajaran Dasar Bidang Kejuruan (wajib) merupakan bagian dari mata pelajaran produktif (kompetensi kejuruan). Mata pelajaran kimia diperlukan untuk memperkuat kompetensi kejuruan SMK. Fakta yang ada pembelajaran kimia di SMK masih lebih menekankan aspek teoritis dan kurang dikaitkan dengan pelajaran produktif. Belum tersedianya bahan ajar kimia yang terintegrasi dengan produktif diduga sebagai salah satu penyebab siswa belum dapat menerapkan pengetahuan kimianya pada mata pelajaran produktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar konsep larutan berbantuan multimedia yang valid menggunakan pendekatan saintifik untuk SMK program studi keahlian Agribisnis Produksi Tanaman. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan four D (Thiagarajan dkk 1974) yang meliputi pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Tahap penyebaran belum dilakukan karena bahan ajar hasil pengembangan digunakan terbatas di lingkup SMK Negeri 1 Malang. Validasi bahan ajar hasil pengembangan menggunakan instrumen penilaian yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Bahan ajar divalidasi oleh dua dosen pendidikan kimia uji keterbacaan dilakukan oleh dua guru kimia dan enam siswa kelas XII AGB SMK. Uji coba lapangan terbatas menggunakan posttest only non equivalent control group design yang dilakukan pada kelas XI AGB SMKN 1 Malang untuk mengetahui keefektifan bahan ajar. Instrumen uji efektifitas berupa soal konsep larutan pilihan ganda 25 soal dengan reabilitas 0 981 skor tes dianalisis dengan uji t. Hasil pengembangan terdiri dari enam kegiatan pembelajaran. Setiap kegiatan pembelajaran mencakup materi pendahuluan kegiatan saintifik yang meliputi mengamati menanya mengeksplorasi menalar dan mengomunikasi. Penilaian kelayakan oleh validator ahli isi/materi memperoleh skor 90 78% (sangat layak) untuk buku guru dan 90 13% (sangat layak) untuk buku siswa. Penilaian oleh validator ahli media untuk buku guru 92 36% (sangat layak) dan 92 57% (sangat layak) untuk buku siswa. Hasil uji efektifitas menunjukkan nilai rata-rata 75 3 dan 84% siswa mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis uji t non parametrik Mann Whitney diperoleh nilai signifikan yaitu 0 02

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60155

Actions (login required)

View Item View Item