Riani, Budi (2017) Keefektifan penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan kartu masalah terhadap kualitas proses dan hasil belajar kognitif siswa SMKN 1 Madiun pada materi termokimia / Budi Riani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Riani Budi. 2016. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (SSCS) Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMKN 1 Madiun pada Materi Termokimia . Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (2) Dr. Suharti M.Si. Kata kunci model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) kartu masalah kualitas proses hasil belajar kognitif termokimia Salah satu topik yang dipelajari siswa SMK kelas XI semester ganjil adalah termokimia. Karakteristik materi termokimia yang bersifat konseptual dan mengandung unsur-unsur algoritmik membuat beberapa siswa kesulitan dalam menghubungkan keterkaitan antar bagian submateri yang dipelajari dalam termokimia. Oleh karena karakteristik dari materi termokimia yang menuntut siswa untuk memiliki kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik sebagian besar siswa merasa kesulitan untuk mencapai kedua kemampuan tersebut yang ditunjukkan dari hasil belajar materi termokimia siswa SMKN 1 Madiun setiap tahun ajaran rata-rata hasilnya masih dibawah KKM. Hal ini kemungkinan disebabkan pembelajaran kimia di SMKN 1 Madiun masih cenderung terpusat pada guru sehingga dalam proses pembelajaran siswa kurang mendapat kesempatan untuk terlibat aktif. Kondisi demikian dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan cenderung untuk menghafal materi tanpa disertai pemahaman yang memadai sehingga berdampak pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pembelajaran yang inovatif yaitu dengan penerapan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas proses pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah dibandingkan dengan model pembelajaran SSCS (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS. Dalam penelitian ini digunakan rancangan penelitian eksperimen semu tanpa pre tes (post test only non equivalent control group design) dengan mengambil populasi dari siswa kelas XI SMKN 1 Madiun program keahlian teknik pemesinan tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas. Sampel dipilih dua kelas dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu kelas XI TPm 3 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah dan kelas XI TPm 4 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengukur keterlaksanaan proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa soal post test digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif serta angket digunakan untuk mengukur motivasi dan persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah dengan model pembelajaran SSCS dalam pengajaran materi termokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas proses pembelajaran materi termokimia dengan menggunakan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran SSCS terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol persepsi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap model pembelajaran SSCS berada pada skala positif (setuju) atau dengan kata lain siswa merespon positif terhadap penggunaan model pembelajaran SSCS (2) model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif yang lebih tinggi ( 79 80) dibandingkan dengan model pembelajaran SSCS ( 72 14).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |