Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan web pada materi ekstraksi terhadap hasil belajar dan motivasi mahasiswa yang memiliki gaya kognitif berbeda / Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan web pada materi ekstraksi terhadap hasil belajar dan motivasi mahasiswa yang memiliki gaya kognitif berbeda / Firmansyah

Firmansyah (2016) Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan web pada materi ekstraksi terhadap hasil belajar dan motivasi mahasiswa yang memiliki gaya kognitif berbeda / Firmansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firmansyah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Web pada Materi Ekstraksi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa yang Memiliki Gaya Kognitif Berbeda. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. (II) Dr. Munzil Arief M.Si. Kata kunci problem solving web ekstraksi gaya kognitif hasil belajar motivasi belajar Pembelajaran kimia di universitas selama ini masih sering dilakukan hanya dengan pertemuan di kelas (tatap muka). Kelemahan dalam pembelajaran tatap muka (face to face) yaitu (1) waktu telah ditentukan sehingga pembelajaran kurang fleksibel (2) interaksi mahasiswa dengan dosen terbatas dan (3) seringkali tidak dapat mengakomodasi karakteristik belajar mahasiswa yang bervariasi.Upaya untuk meningkatkan interaksi yang terbatas antara dosen dengan mahasiswa adalah dengan pembelajaran berbantuan web. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat penting agar kegiatan pembelajaran tatap muka (face to face) dan online saling berhubungan. Model pembelajaran yang digunakan adalah problem solving. Pada pembelajaran problem solving berbantuan web memungkinkan berbagai macam aktivitas belajar sehingga mahasiswa dapat lebih dominan untuk melakukan aktivitas belajar yang tepat berdasarkan gaya kognitifnya. Gaya kognitif seseorang terdiri atas dua tipe yaitu field independent dan field dependent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar mahasiswa setelah diajarkan dengan model pembelajaran problem solving berbantuan web (2) motivasi belajar mahasiswa setelah diajarkan dengan model pembelajaran problem solving berbantuan web (3) perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan gaya kognitif field dependent dan (4) perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan gaya kognitif field dependent. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan posttes dalam satu kelompok (one shot case study). Subjek penelitianberjumlah32 orangmahasiswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengukuran adalah soal tes yang berjumlah 20 butir soal uraian dengan reliabilitas sebesar0 886 angket motivasi belajar dengan reliabilitas sebesar 0 909 angket gaya kognitif dengan reliabilitas sebesar 0 820 dan lembar observasi aktivitas belajar mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis inferensial dan analisis deskriptif. Analisis inferensial yang digunakan adalah uji-t (t-test) dan uji manova untuk melihat perbedaan hasil belajar dan motivasi antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independentdan gaya kognitif field dependent. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 26 atau 81 25% dari 32 mahasiswa memperoleh nilai tes di atas 70 dengan rata-rata sebesar 77 969. Motivasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan yaitu sebelum pembelajaran sebanyak 56 250% mahasiswa yang termasuk kriteria termotivasi sedangkan setelah pembelajaran mengalami peningkatan menjadi 75%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar dan motivasi antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif fieldindependent dengan gaya kognitif fielddependent. Temuan ini menjelaskan bahwa model pembelajaran problem solving berbantuan web memberikan kondisi pembelajaran yang tepat atau sesuai dengan karakteristik belajar mahasiswa yang memiliki gaya kognitif fieldindependent dan gaya kognitif field dependent.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60127

Actions (login required)

View Item View Item