Anggraini, Tria (2015) Penggunaan model jigsaw untuk meningkatkan pemahaman teks drama pada siswa kelas VI MI Al-Usman Malang / Tria Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anggraini Tria. 2015. Penggunaan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Drama Pada Siswa Kelas VI MI Al-Usman Malang. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Muhana Gipayana M.Pd (2) Dra.Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. Kata kunci model jigsaw pemahaman teks drama taksonomi barrett Ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa sebagaimana tercantum dalam Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar yakni keterampilan mendengarkan membaca menulis dan berbicara. Sebagaimana tercantum dalam Standar Isi salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah keterampilan membaca. Adapun salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengasah keterampilan membaca adalah memahami teks drama pada siswa kelas VI Sekolah Dasar. Kemampuan membaca dapat dilakukan dengan pendekatan Taksonomi Barrett. Taksonomi ini dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan membaca pemahaman. Taksonomi ini memiliki 5 kategori yang terdiri dari (1) pemahaman literal (2) pemahaman reorganisasi (3) pemahaman inferensial (4) evaluasi dan (5) apresiasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran pemahaman teks drama adalah model jigsaw. Keunggulan pada jigsaw yaitu seluruh anggota dalam kelompok harus bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman teks drama dengan model jigsaw pada siswa kelas VI MI Al-Usman Malang. Adapun fokus penelitian terletak pada apakah penerapan model jigsaw dapat meningkatkan pemahaman teks drama pada siswa kelas VI MI Al-Usman Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas digunakan untuk meningkatkan pemahaman teks drama siswa dengan memberikan sebuah tindakan berupa penerapan model jigsaw. Penelitian dilakukan di MI Al-Usman Malang pada bulan November 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Al-Usman Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data verbal dan data non verbal. Sumber data merupakan data-data yang diperoleh dari kegiatan observasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara observasi dokumentasi dan tes prestasi. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah RPP lembar penilaian proses dan catatan lapangan aktivitas siswa dan guru. Adapun data penelitian ini adalah penilaian yang dilakukan dengan menyelesaikan tugas individual yakni pemahaman teks drama. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang-ulang. Empat bagian utama yang ada dalam setiap siklus adalah sebagai berikut (1) perencanaan (planning) (2) pelaksanaan (acting) (3) pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflection) Hasil penelitian penerapan model jigsaw terhadap pemahaman teks drama siswa menunjukkan hasil yang positif. Penerapan model jigsaw dapat meningkatkan pemahaman terhadap teks drama yang telah dibaca. Penelitian ini menunjukkan adanya hasil yang baik pada perkembangan penggunaan model dalam kegiatan belajar mengajar. Saran bagi guru adalah hendaknya model jigsaw ini diterapkan dalam pembelajaran pemahaman teks drama dengan lebih inovatif dan kreatif. Saran bagi peneliti lain disarankan untuk menggunakan dan mengembangkan model jigsaw sebagai dasar untuk melakukan penelitian lain dengan lebih kreatif atau mengembangkan kemampuan berbahasa lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6010 |
Actions (login required)
View Item |