Rahayu, Krida Puji (2015) Pengaruh pembelajaran kimia dengan model web based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA kelas X ditinjau dari kemampuan self-directed learning / Krida Puji Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahayu KridaPuji. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Model Web Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Kelas X Ditinjau dari Kemampuan Self-Directed Learning Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. SurjaniWonorahardjo Ph.D. (II) Dr. MunzilArief M.Si. Kata kunci ikatan kimia model web based learning kemampuan self-directed learning hasil belajar kognitif. Ikatan kimia merupakan salah satu topik utama dalam kimia yang menjelaskan tentang kestabilan unsur simbol Lewis ikatan ionik ikatan kovalen dan ikatan logam. Konsep ikatan kimia merupakan materi bersifat abstrak dan merupakan konsep dasar untuk mempelajari konsep berikutnya. Pemahaman konsep ikatan kimia yang benar sangat penting sebagai bekal awal untuk mempelajari materi berikutnya. Siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep barujika telah memahami konsep awal. Oleh karena itu perlu diciptakan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep dengan benar. Model web based learning memanfaatkan media yang memfasilitasi kebutuhan siswa dalam berinteraksi. Interaksi dilakukan dengan tujuan untuk mengonstruksi dan memahami konsep menggali informasi dengan variasi sumber belajar yang menyediakan alat bantu berupa gambar grafik simbol dan video maupun bentuk dinamis seperti animasi sebagai visualisasi untuk memahami konsep abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhdan interaksi antara pembelajaran kimiadengan model web based learning menggunakan moodle dan blog terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi ikatan kimia ditinjau dari kemampuan self-directed learningsiswa yang berbeda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu yaitu posttest only-nonequivalent control group design. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat rancangan penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2 x 3. Penelitian dilakukan di SMA N 9 Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIA 5 (28 siswa)sebagaikelasmoodle (diberikan model web based learningdengan media moodle) dan kelas X MIA 6 (26 siswa) sebagai kelas blog (diberikan model web based learning dengan media blog). Data penelitian adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan menggunakan instrument berupa tes objektif yang terdiri dari 35 soal tes materi ikatan kimia dengan validitas isi sebesar 81 8% (sangat tinggi) dan koefisien reliabilitas dihitung dengan menggunakan KR-21 sebesar 0 88 (valid danreliabel).Uji terhadap hipotesis dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik uji ANAVA dua jalur melalui bantuan program SPSS 16for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model web based learning baik yang menggunakan media blog maupun moodle (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa ditinjau dari kemampuan self-directed learning baik yang dibelajarkandengan media blog maupun moodle (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan self-directed learning terhadap hasil belajar kognitif siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dalam mengajarkan kimia maupun bidang ilmu sains lainnya lebih memperhatikan tingkat kemampuan self-directed learning siswa yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model web based learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |