Pengaruh pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap penguasaan konsep dan persepsi siswa SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) / Ummi Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap penguasaan konsep dan persepsi siswa SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) / Ummi Khoiriyah

Khoiriyah, Ummi (2015) Pengaruh pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap penguasaan konsep dan persepsi siswa SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) / Ummi Khoiriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khoiriyah Ummi. 2015. Pengaruh Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Pada Pembelajaran Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Penguasaan Konsep dan Persepsi Siswa SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata Kunci Pendekatan Ilmiah pemahaman konsep persepsi siswa SMK larutan elektrolit dan nonelektrolit. 12288 12288 12288 12288 Kimia merupakan salah satu matapelajaran adaptif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Matapelajaran ini dianggap tidak memiliki keterkaitan dengan pelajaran produktif sehingga siswa kurang termotivasi untuk mempelajari kimia. Hal ini berdampak pada pemahaman konsep siswa. Oleh sebab itu dalam menyampaikan materi harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang menarik mampu memotivasi siswa dan melibatkan siswa secara aktif. Pendekatan ilmiah diduga mampu memotivasi siswa dan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga siswa mudah menerima konsep dan hasil belajar siswa akan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan ilmiah terhadap hasil belajar dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan ilmiah 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Sine Ngawi dan sampelnya adalah dua kelas yang diambil berdasarkan kemampuan awal yang sama. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan awal tes hasil belajar dan angket persepsi siswa. Sebelum digunakan semua instrumen terlebih dahulu dikonsultasikan ke dosen pembimbing dan divalidasi oleh empat dosen kimia dan satu guru bidang studi kimia. Kemudian diadakan ujicoba instrumen soal dan hasilnya adalah 25 soal valid dari 30 soal yang diujikan. Dari hasil validasi dan ujicoba soal dapat dipastikan bahwa instrumen tersebut layak digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa atau hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t. Data persepsi siswa terhadap pendekatan ilmiah dianalisis menggunakan uji t dan analisis deskriptif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan ilmiah berbeda dan lebih baik dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan pendekatan verifikasi hal ini dibuktikan dari rerata nilai hasil tes akhir siswa yaitu 77 untuk kelas eksperimen dan 64 untuk kelas kontrol 2) persepsi siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan ilmiah adalah positif. Dalam penerapan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah sebaiknya dilakukan pendekatan awal terhadap kelas tersebut agar siswa mengetahui terlebih dahulu pembelajaran dengan pendekatan ilmiah. Selain itu guru hendaknya lebih memotivasi siswa agar memiliki kepercayaan diri dalam mengeluarkan pendapat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60065

Actions (login required)

View Item View Item