Pengaruh strategi pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) dipadu blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan kimia lingkungan di UIN Maliki Malang / Asmaria Nursuci Yatni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) dipadu blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan kimia lingkungan di UIN Maliki Malang / Asmaria Nursuci Yatni

Yatni, Asmaria Nursuci (2015) Pengaruh strategi pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) dipadu blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan kimia lingkungan di UIN Maliki Malang / Asmaria Nursuci Yatni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yatni Asmaria Nursuci. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran SETS (Science Environment Technology Society) Dipadu Blended Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Kimia Lingkungan di UIN Maliki Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Srini Murtinah Iskandar M.Sc Ph.D. (2) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. Kata-kata kunci strategi pembelajaran SETS blended learning hasil belajar kimia lingkungan 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Kimia lingkungan merupakan materi yang bersifat kontekstual dan berhubungan erat dengan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran harus dimulai dari masalah sehari-hari dan mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan investigasi serta memberi solusi terhadap permasalahan tersebut. Sementara itu pembelajaran kimia lingkungan yang terjadi di UIN Maliki Malang belum mampu memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu strategi pembelajaran yang mengakomodasi pembelajaran tersebut adalah strategi pembelajaran SETS dipadu blended learning. Dipilihnya strategi pembelajaran tersebut karena memiliki kelebihan seperti fleksibilitas kolaboratif bermakna dan integratif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) kualitas proses pembelajaran (2) pengaruh strategi pembelajaran SETS dipadu blended learning dan (3) persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan posttest only control group design. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV yang yang mengikuti perkuliahan kimia lingkungan terdiri dari kelas A (eksperimen) dan kelas B (kontrol). Data penelitian berupa data kualitas proses pembelajaran yang diperoleh menggunakan lembar observasi dan persepsi mahasiswa diperoleh menggunakan angket serta data hasil belajar ranah kognitif yang diperoleh dari tes hasil belajar objektif yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 soal essay dengan validitas isi sebesar 83 4. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan KR-20 dengan koefisien korelasi sebesar 0 86 dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil belajar ranah afektif mahasiswa afektif kelompok dan ranah psikomotorik mahasiswa diperoleh dari hasil observasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama Kualitas proses proses pembelajaran pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran SETS dipadu blended learning lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan blended learning. Kedua Hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Ketiga persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran SETS dipadu blended learning lebih positif daripada pembelajaran yang menggunakan blended learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60062

Actions (login required)

View Item View Item