Kurniawan, Teguh Wahyu (2015) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif mata pelajaran IPS materi pekerjaan untuk siswa kelas III SDN Kayukebek 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Teguh Wahyu Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Teguh Wahyu. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Mata Pelajaran IPS Materi Pekerjaan Untuk Siswa Kelas III SDN Kayukebek 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si (II) Dra. Murtiningsih M.Pd Kata kunci media pembelajaran CD interaktif Perkembangan zaman yang semakin kompleks pada akhirnya akan merubah situasi dan kondisi pada suatu bidang tidak terkecuali dunia pendidikan. Dengan bantuan teknologi proses pembelajaran diharapkan akan lebih bermakna. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai agar mempermudah penyampaian materi dan pemahaman siswa. Media pembelajaran dapat dikemas dengan CD interaktif sehingga media pembelajaran tersebut tidak perlu dicetak. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Melakukan inovasi pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi pekerjaan melalui media pembelajaran CD interaktif untuk siswa kelas 3 SDN Kayukebek 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan (2) Menghasilkan produk pengembangan CD interaktif pada mata pelajaran IPS materi pekerjaan sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran di dalam kelas 3SDN Kayukebek 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk yang berupa media pembelajaran CD interaktif. Model yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model prosedural yang mengacu pada model pengembangan Borg Gall. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran CD interaktif telah dinyatakan sangat valid oleh ahli materi dan ahli media serta layak digunakan (2) Hasil uji coba media pembelajaran CD interaktif pada kelompok terbatas memperoleh rata-rata nilai 84 28% yang berarti sangat valid dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu revisi. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran CD interaktif sangat menarik perhatian siswa untuk belajar. Hal tersebut sesuai dengan manfaat media pembelajaran menurut Sudjana dan Rivai (1992 2) dalam Arsyad (2014 28) yaitu dengan menggunakan media pembelajaran pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh kesimpulan pengembangan media pembelajaran CD interaktif ini layak digunakan oleh siswa kelas 3 SDN Kayukebek 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah (1) Media pembelajaran ini hanya terbatas pada materi jenis-jenis pekerjaan untuk kelas siswa SD/MI kelas 3 semester 2 maka dari itu diharapkan guru juga dapat mengembangkan media pembelajaran CD interaktif pada materi yang lain (2) Untuk penelitian dan pengembangan media pembelajaran selanjutnya sebaiknya peneliti dan pengembang lain menerapkan media pembelajarannya ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6004 |
Actions (login required)
View Item |