Analisis pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SDN Gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang / Fitroh Bagus Samudro - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SDN Gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang / Fitroh Bagus Samudro

Samudro, Fitroh Bagus (2015) Analisis pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SDN Gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang / Fitroh Bagus Samudro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Samudro Fitroh Bagus. 2015. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SDN Gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi. S1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. Kata kunci pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 Pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia pelaksanaan pembelajaran meliputi 3 aspek yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) dan penilaian. Berdasarkan peraturan menteri pendidikan tentang kurikulum 2013 pemerintah memutuskan untuk kembali kepada kurikulum KTSP namun Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang memutuskan untuk tetap menjalankan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) dan penilaian di SDN Gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan jumlah sebanyak 6 sekolah yaitu (1) SDN Polehan I (2) SDN Polehan II (3) SDN Polehan III (4) SDN Polehan IV (5) SDN Polehan V (6) dan SDN Jodipan Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan metode penelitian kualitatif peneliti mengambil data dengan teknik studi dokumentasi obersvasi dan wawancara kepada guru kelas IV. Data yang diambil berupa data tentang perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran kurikulum 2013. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles and Huberman dengan 3 tahapan analisis antara lain (1) tahap reduksi data (2) tahap penyajian data dan (3) tahap penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan temuan peneliti menggunakan 2 tahap kegiatan antara lain (1) melakukan perpanjangan pengamatan (2) dan melakukan triangulasi sumber melalui kegiatan wawancara kepada guru kelas IV yang disertai dengan kegiatan dokumentasi berupa video dan foto. Kesimpulan dari penelitian ini yang menganalisa tentang pelaksanaan pembelajaran pada 6 SDN di Gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang antara lain. (1) Pada aspek perencanaan pembelajaran skor dengan nilai tertinggi berada pada SDN Polehan V yang memiliki nilai 92 65% dalam kategori sangat baik. Kemudian untuk skor terendah berada pada SDN Polehan I dengan perolehan skor 57 36% dalam kategori baik. (2) Pada aspek pelaksanaan pembelajaran skor dengan nilai tertinggi berada pada SDN Polehan V yang memiliki nilai 97 14% dalam kategori sangat baik. Kemudian untuk skor terendah berada pada SDN Polehan I dengan perolehan skor 72 86% dalam kategori baik. (3) Pada aspek penilaian skor dengan nilai tertinggi berada pada SDN Jodipan yang memiliki nilai 70% dalam kategori baik. Kemudian untuk skor terendah berada pada SDN Polehan I dan SDN Polehan II dengan masing-masing sekolah memperoleh skor 50% berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item