Sintesis dan karakterisasi Fe3-xCrxO4 nanopartikel dan pengembangan aplikasinya sebagai sensor suhu / Widya Elyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi Fe3-xCrxO4 nanopartikel dan pengembangan aplikasinya sebagai sensor suhu / Widya Elyani

Elyani, Widya (2018) Sintesis dan karakterisasi Fe3-xCrxO4 nanopartikel dan pengembangan aplikasinya sebagai sensor suhu / Widya Elyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Elyani Widya. 2018. Sintesis dan Karakterisasi Fe3-xCrxO4 Nanopartikel dan Pengembangan Aplikasinya sebagai Sensor Suhu. Tesis Program Magister Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Dr. Ahmad Taufiq M.Si Kata Kunci sensor suhu ferofluida Fe3-xCrxO4 indeks bias intensitas. Sampai saat ini Fe3O4 dalam bentuk fluida terus diteliti dan dikembangkan terutama dalam pengembangan aplikasinya untuk bidang sensor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ferofluida Fe3O4 di bawah pengaruh termal untuk diaplikasikan sebagai medium sensor suhu. Metode yang digunakan dalam proses sintesis partikel nano ferofluida Fe3O4 yaitu metode kopresipitasi-sonokimia menngunakan pasir besi sebagai prekursor untuk menekan biaya produksi. Partikel nano Fe3O4 di doping Cr dengan variasi massa Cr sebesar x 0 0 05 0 06 dan 0 09. Sebagian sampel di oven pada suhu 100 C dan sebagian dilarutkan ke dalam TMAH sebagai surfaktan untuk pembuatan ferofluida Fe3-xCrxO4. Karakterisasi partikel nano meliputi morfologi sampel menggunakan SEM struktur kristal dan ukuran butir menggunakan XRD ikatan atom menggunakan FTIR energi gap menggunakan UV-Vis dan uji sifat termal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fe3-xCrxO4 memiliki morfologi berbentuk sferis dan struktur spinel kubik dengan ukuran butir antara 7 87-13 24 nm terjadinya pergeseran puncak atom karena impuritas bertambah akibat doping Cr memiliki energi gap diantara rentang 2 189-2 245 eV dan kenaikan intensitas akibat kenaikan indeks bias seiring dengan pengaruh termal yang diberikan. Dari hasil penelitian yang didapatkan penambahan doping Cr yang dilakukan mampu menurunkan ukuran butir menaikkan nilai energi gap dan memperbaiki sifat termal yang dimiliki ferofluida sehingga ferofluida Fe3-xCrxO4 layak diaplikasikan sebagai medium untuk sensor suhu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59969

Actions (login required)

View Item View Item