Studi kuantitatif dan kualitatif scientific reasoning dalam pembelajaran blended learning dengan e-scaffolding metakognitif pada mahasiswa Fisika Universitas Nusa Cendana Kupang / Welhelmina Kameo - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kuantitatif dan kualitatif scientific reasoning dalam pembelajaran blended learning dengan e-scaffolding metakognitif pada mahasiswa Fisika Universitas Nusa Cendana Kupang / Welhelmina Kameo

Kameo, Welhelmina (2018) Studi kuantitatif dan kualitatif scientific reasoning dalam pembelajaran blended learning dengan e-scaffolding metakognitif pada mahasiswa Fisika Universitas Nusa Cendana Kupang / Welhelmina Kameo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kameo Welhelmina. 2018. Studi Kuantitatif dan Kualitatif Scientific Reasoning Dalam Pembelajaran Blended Learning dengan E-scaffolding Metakognitif Pada Mahasiswa Fisika Universitas Nusa Cendana Kupang. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A (II) Dr. Ahmad Taufiq S.Pd. M.Si. Kata Kunci Scientific Reasoning Pembelajaran Blended Learning E-scaffolding Metakognitif. Scientific Reasoning sebagai salah satu ketrampilan yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan standar kualifikasi lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Akan tetapi pada kenyataannya pembelajaran di perguruan tinggi masih belum mengarah untuk mengembangkan ketrampilan scientific reasoning mahasiswa. Banyak cara mengembangkan ketrampilan scientific reasoning mahasiswa salah satunya adalah melalui pembelajaran blended learning dengan e-scaffolding metakognitif dalam model pembelajaran inkuiri pada mahasiswa fisika Universitas Nusa Cendana Kupang secara kuntitatif dan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain explanatory. Subjek penelitian adalah mahasiswa fisika semester kedua yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar II. Terdapat dua kelompok penelitian yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan e-scaffolding metakognitif dalam model pembelajaran inkuiri dan kelompok kontrol yang dibelajarkan tanpa e-scaffolding metakognitif. Pada kelompok eksperimen dan kontrol terdapat 30 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan awal sebanyak 10 soal pilihan ganda dengan koefisien reliabitas 0 67 sedangkan tes ketrampilan scientific reasoning terdiri dari 12 soal pilihan ganda berbentuk two tier dengan koefisien reliabilitas 0 72 dan panduan wawancara semi terstruktur dan think aloud. Soal tes pengetahuan awal tes ketrampilan scientific reasoning digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif sedangkan panduan wawancara semi terstruktur dan think aloud digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan ANACOVA sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan model aliran. Hasil penelitian kuantitatif yang dilakukan menunjukan bahwa ketrampilan scientific reasoning antara kelas eksperimen dan kontrol berbeda secara signifikan (0 34 0 05). Rata-rata hasil tes ketrampilan scientific reasoning pada kelas esperimen sebesar 48 00 (SD 19 76) sedangkan kelas kontrol sebesar 34 13 (SD 25 81) dengan skala 0-100. Hasil ini diperkuat melalui penelitian kualitatif dengan mengintergarsi pembelajaran blended learning dengan e-scaffolding dalam melatih vi indikator ketrampilan scientfic reasoning mahasiswa yaitu pada tahap orientasi masalah melatihkan indikator proportional reasoning dan control of variable. Pada tahap melakukan percobaan menganalisis data dan menyimpulkan percobaan melatihkan indikator scientific reasoning yaitu probabilistic reasoning correlational reasoning causal reasoning dan hypothetical deductive reasoning. Pada penelitian ini terdapat enam mahasiswa yang terpengaruh pemberian intervensi pada tingkat yang berbeda yaitu tinggi sedang dan rendah. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran berlangsung yang menunjukan bahwa secara kualitatif terlihat dampak positif dari pembelajaran blended learning dengan e-scaffolding metakognitif terhadap scientific reasoning mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59931

Actions (login required)

View Item View Item