Purwanto, Rudi (2018) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecaan masalah dalam pembelajaran Stem berbasis masalah materi Fluida Statis pada siswa kelas XI SMAN 3 Batu / Rudi Purwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Purwanto Rudi. 2018. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Statis Pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci penguasaan konsep kemampuan pemecahan masalah pendekatan STEM pembelajaran berbasis masalah. Fluida statis merupakan salah satu materi fisika yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Materi ini masih sulit dipecahkan oleh siswa. Oleh karena itu diperlukanlah suatu pembelajaran yang dapat membantu siswa menguasai konsep sehingga siswa mampu memecahkan masalah fluida statis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran STEM berbasis masalah materi fluida statis di SMAN 3 Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods desain embedded experimental model. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas XI SMAN 3 Batu. Instrumen penelitian terdiri dari silabus RPP LKS tes penguasaan konsep tes kemampuan pemecahan masalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan protokol wawancara. Pengumpulan data yang digunakan meliputi test observasi dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif meliputi N-Gain uji t berpasangan dan effect size untuk melihat besar pengaruh pembelajaran. Sementara data kualitatif dianalisis dengan data reduction coding data display conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis melalui pembelajaran STEM berbasis masalah mengalami peningkatan yang signifikan dengan N-Gain skor rata-rata sebesar 0 69 (kategori sedang) dan nilai effect size sebesar 6 2 (kategori kuat) (2) sebagian besar siswa dapat mengubah konsepsi-konsepsinya yang salah pada saat postest (3) kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis melalui pembelajaran STEM berbasis masalah mengalami peningkatan yang signifikan dengan N-Gain skor rata-rata sebesar 0 6 (kategori sedang) (4) kemampuan pemecahan masalah siswa secara umum mengalami perubahan yang positif baik pada tahap useful description physics approach mathematical procedure maupun logical progression.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59915 |
Actions (login required)
View Item |