Program resitasi berbasis contrasting cases dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika mahasiswa pada topik kemagnetan / Retno Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Program resitasi berbasis contrasting cases dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika mahasiswa pada topik kemagnetan / Retno Cahyaningrum

Cahyaningrum, Retno (2018) Program resitasi berbasis contrasting cases dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika mahasiswa pada topik kemagnetan / Retno Cahyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyaningrum Retno. 2018. Program Resitasi Berbasis Contrasting Cases dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa pada Topik Kemagnetan. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Arif Hidayat M.Si (II) Prof. Sutopo M.Si. Kata kunci Program Resitasi Contrasting Cases Topik Kemagnetan Salah satu tujuan pembelajaran fisika adalah siswa dapat menguasai konsep dasar dengan baik dan dapat menggunakannya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang lebih kompleks. Banyak peneliti yang mengungkap kesulitan pemecahan masalah akibat pemahaman konsep yang tidak baik. Karena keterbatasan waktu pengajaran di kelas perkuliahan dirasa tidak cukup membekali mahasiswa untuk menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam pemecahan masalah. Perlu diberikan tambahan dan pendalaman materi untuk menguatkan penguasaan konsepnya. Melalui penelitian ini dikembangkan program resitasi berupa latihan soal berbasis contrasting cases untuk membantu siswa mengkonstruksi pengetahuannya dengan menemukan ide utama dari berbagai permasalahan yang berbeda (kontras). Fokus tesis ini adalah untuk melaporkan efektivitas program tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan tipe embended experimental model. Penelitian ini dilakukan pada 23 mahasiswa S-1 pendidikan fisika UM tahun 2018 yang sedang menempuh perkuliahan elektromagnet. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis melalui statistik diskriptif uji beda pretest-posttest nilai N-gain dan effect size. Data kualitatif diperoleh dari alasan mahasiswa dalam memilih opsi jawaban pada pretest-posttest logbook hasil wawancara dengan beberapa responden terpilih dan angket kebermanfaatan program. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa skor posttest ( 119909 773 14 913) berbeda dengan skor pretest ( 119909 773 9 304) dengan signifikansi kurang dari 0 05 ( 119905 9 314 119901 0 000). Pada output juga ditunjukkan bahwa ada hubungan positif antara pretest dengan posttest dengan koefisien 119903 0 434 artinya mahasiswa yang mendapatkan skor pretest tinggi memperoleh skor posttest yang tinggi dan begitupula sebaliknya bahwa mahasiswa dengan skor pretest rendah memperoleh skor posttest yang rendah. Peningkatan skor pre-post ditunjukkan oleh nilai N-gain ( 119909 773 0 557) dan nilai effect size sebesar 2 283 yang termasuk dalam kategori sangat besar. Secara umum dinyatakan bahwa program resitasi berbasis contrasting cases efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika karena semua mahasiswa mendapatkan peningkatan pretest-posttest yang sebanding. Berdasarkan nilai posttest diketahui bahwa masih ada butir soal yang memiliki persentase kurang dari 50% sebanyak 2 butir sehingga dilakukan analisis lebih lanjut terhadap butir soal tersebut. Alasan pada kedua soal tersebut mengindikasikan bahwa terdapat kesulitan yaitu pada topik gaya magnet pada kawat lurus berarus listrik dan induksi elektromagnetik. Mahasiswa mengalami kesulitan dalam menganalisis gaya magnet pada kawat berarus akibat dari medan magnet yang ditimbulkan oleh kawat berarus lain yang sejajar. Mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi faktor atau kondisi yang memungkinkan mengalirnya arus induksi pada loop penghantar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59914

Actions (login required)

View Item View Item