Studi kuantitatif dan kualitatif: kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep materi fluida statis melalui model Project Based Learning pada siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Tanah Grogot tahun ajaran 2017/2018 / Rani Nur Arifah Agus Fajrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kuantitatif dan kualitatif: kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep materi fluida statis melalui model Project Based Learning pada siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Tanah Grogot tahun ajaran 2017/2018 / Rani Nur Arifah Agus Fajrina

Fajrina, Rani Nur Arifah Agus (2018) Studi kuantitatif dan kualitatif: kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep materi fluida statis melalui model Project Based Learning pada siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Tanah Grogot tahun ajaran 2017/2018 / Rani Nur Arifah Agus Fajrina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fajrina Rani Nur Arifah Agus. 2017. Studi Kuantitatif Dan Kualitatif 61498 Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Materi Fluida Statis Melalui Model Project Based Learning pada Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Tanah Grogot Tahun Ajaran 2017/2018. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A (II) Prof. Arif Hidayat M.Si. Ph.D Kata Kunci project based learning (PjBL) penguasaan konsep kemampuan berpikir kreatif Penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif merupakan kompetensi yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Namun penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih rendah. Hal ini dikarenakan peserta didik masih menggunakan metode menghapal yang merujuk pada pembelajaran berasaskan fakta. Selain itu kegiatan pembelajaran yang pasif tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Salah satu pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam mengatasi permasalahan ini adalah model project based learning (PjBL) yang mana dalam pelaksanaannya pembelajaran yang dilakukan peserta didik merupakan pembelajaran aktif. Melalui pembelajaran ini peserta didik memperoleh pengetahuannya dengan kokoh dan bermakna dengan mengkonstruksikan pada tugas dan pekerjaan yang autentik. Selain itu melalui pembelajaran yang aktif dan bermakna peserta didik akan terbantu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fluida statis setelah mengontrol kemampuan awal dan 2) menjelaskan bagaimana model project based learning mempengaruhi penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan mixedmethods dengan desain rancangan explanatory. Adapun desain penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental tipe nonequivalent control group design dan subjek penelitian sebanyak 32 peserta didik eksperimen dan 32 peserta didik kelas kontrol dan desain penelitian kualitatif menggunakan Studi kasus dengan teknik wawancara semi terstruktur dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik dari kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (silabus RPP dan LKPD). Instrumen pengukuran yang digunakan berupa soal tes kemampuan awal dan posttest penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Instrumen yang digunakan telah melalui uji ahli dan uji lapangan. Data hasil penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan uji hipotesis berupa analisis kovarian (MANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan 1) Model project based learning mempengaruhi penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didiksetelah kemampuan awal peserta didik dikontrol dan 2) penggunaan project based learning melalui serangkaian kegiatan pembelajaran yang mendukung penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif memudahkan peserta didik dalam menyelesaikan tugas proyek sehingga peserta didik dapat membangun konsep dan /menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59902

Actions (login required)

View Item View Item