Janah, Dina Fatkhul (2015) Penerapan pembelajaran dengan teknik learning community untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS SDN Gempolan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri / Dina Fatkhul Janah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Janah Dina Fatkhul. 2015. Penerapan Pembelajaran Dengan Teknik Learning Community Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS SDN Gempolan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Sugiharti M.Pd (II) Dra. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Learning Community pembelajaran IPS aktivitas belajar hasil belajar Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa masih rendah. Rendahnya aktivitas siswa tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dari 20 siswa terdapat 9 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dengan nilai rata-rata kelas 68 50. Hasil observasi menunjukkan bahwa salah satu penyebab rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa adalah pada saat pembelajaran guru hanya menyampaikan materi dengan berceramah saja selain itu belum adanya pemanfaatan media pada saat pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan teknik Learning Community pada pembelajaran IPS dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan teknikLearning Community pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gempolan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN Gempolan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian PTK yang menggunakan siklus PTK model Kemmis dan MC. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan penerapan teknik Learning Community. Penerapan pembelajaran dengan teknik Learning Community dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dengan penerapan teknik Learning Community semakin meningkat hal ini terbukti dari rata-rata aktivitas belajar siswa pratindakan 57 38 % kemudian meningkat menjadi 73 09 % pada Siklus I atau sekitar 15 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 82 02 % atau sekitar 8 93%. Artinya terjadi peningkatan 15 71 % dari pra tindakan kesiklus I dan peningkatan 8 93% dari Siklus I ke Siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pra tindakan 68 50 pada siklus I 75 50 dan pada siklus II 83 00. Artinya terjadi peningkatan 7 00 dari pra tindakan ke siklus I atau sekitar 10 2 % dan peningkatan 7 50 dari siklus I ke siklus II atau sekitar 9 93 %.Saran yang dapat diajukan bagi guru maupun peneliti lain yakni dapat penerapkan pembelajaran dengan teknik Learning Community sebagai usaha meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5983 |
Actions (login required)
View Item |