Pengaruh model brain based learning berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep fisika siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Dinicen Viclara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model brain based learning berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep fisika siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Dinicen Viclara

Viclara, Dinicen (2016) Pengaruh model brain based learning berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep fisika siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah / Dinicen Viclara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Viclara Dinicen. 2016. Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Mind MapterhadapPenguasaanKonsepFisikaSiswaBerpengetahuanAwalTinggidanRendah.Tesis. Program StudiPendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M.S (2) Dr. SupriyonoKoes H M.Pd M.A. Kata Kunci Brain Based Learning Mind Map pengetahuanawal penguasaankonsep. Meskipunsudahbanyakdilakukanpenelitianuntukmemperbaikipenguasaankonsepfisikadenganmemperhatikanpengetahuanawalsiswa penguasaankonsepfisikamasihmenjadimasalah yang perluterusdiperbaiki. Usaha untukmenerapkanpembelajaranberbasisfungsikerjaotaksesuaipengetahuanawalsiswamenjadicarauntukmemperbaikinya. Olehkarenaitutujuanutamapenelitianiniadalahuntukmengkajipengaruh model brain based learningberbantuanmind mapterhadappenguasaankonsepsiswaberpengetahuanawaltinggidanrendah. Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimenkuasi denganrancanganfaktorial 2 x 2.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas XI IPA SMA Negeri 1 PesanggaranBanyuwangiTahunAjaran 2015/2016 yang terdiriatasenamkelas. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahtespengetahuanawal yang berbentukpilihangandadantespengusaankonsep yang berbentukpilihanganda. Reliabilitastespengetahuanawalsebesar 0 41dantespenguasaankonsepsebesar0 53. Data yang dihasilkanselamapenelitiandiolahsecarastatistikinferensialyaitumenggunakanujiAnavaduajalurdanujilanjutTukey. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1)Terdapatperbedaanpenguasaankonsepfisikasiswa yang mempunyaipengetahuanawaltinggidanpengetahuanawalrendah (2) Tidakterdapatinteraksiantaramodel pembelajaran( menggunakanmodel brain based learningberbantuanmind map model brain based learning)danpengetahuanawalterhadappenguasaankonsepsiswa (3) Penguasaankonsepfisikasiswa yang berpengetahuanawaltinggi yang belajardenganmenggunakanmodel brain based learning berbantuanmind maplebihtinggidibandingkanpenguasaankonsepsiswa yang berpengetahuanawaltinggi yang belajardenganmenggunakanmodel brain based learning (4) Penguasaankonsepfisikasiswa yang berpengetahuanawalrendah yang belajardenganmenggunakanmodel brain based learning berbantuanmind maplebihtinggidibandingkanpenguasaankonsepsiswa yang berpengetahuanawalrendah yang belajardenganmenggunakanmodel brain based learning.Hasilinidiperolehkarenapada model brain based learningberbantuanmind mapadapenyajiangejalafisikadalamkehidupansehari haridanmemberikangambaran yang menyeluruhterhadapmateri yang dipelajari. Beberapa saran terkaithasilpenelitianini. Pertama pembelajaranbrain based learning berbantuanmind mapdapatdigunakan guru untukalternatifpembelajaranfisikadikelas. Kedua hendaknyamengukurpengetahuanawalsiswasebelumpembelajarandimulaiuntukmenentukanperlakuanpembelajaran. ketiga terkaitpenelitianlanjutanpadapenelitianinidapatdigunakanpadamaterifisika yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59817

Actions (login required)

View Item View Item