Penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di SDN Blimbing 3 Kota malang / Rhapsona Indi Bernati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di SDN Blimbing 3 Kota malang / Rhapsona Indi Bernati

Bernati, Rhapsona Indi (2015) Penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di SDN Blimbing 3 Kota malang / Rhapsona Indi Bernati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bernati Rhapsona Indi. 2015. Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Blimbing 3 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Murtiningsih M.Pd (2) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pendidikan karakter pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 Pendidikan karakter merupakan upaya pembiasaan siswa untuk mengetahui memahami serta mengamalkan perilaku-perilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Di sekolah dasar pembelajaran pada Kurikulum 2013 menekankan pada aspek sikap. Dalam upaya membentuk sikap tersebut SDN Blimbing 3 Kota Malang sebagai sekolah sasaran Kurikulum 2013 telah menerapkan pembelajaran dengan mengintegrasikan pendidikan karakter. Pembelajaran yang dilaksanakan guru meliputi perencanaan pelaksanaan dan penilaian diintegrasikan pendidikan karakter agar pembinaan nilai-nilai karakter pada siswa dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 meliputi aspek perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Subjek penelitian adalah guru kelas I dan IV SDN Blimbing 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pemilahan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama guru telah mengintegrasikan pendidikan karakter pada perencanaan pembelajaran melalui analisis KI-KD menyusun RPP yang bermuatan karakter dan menyiapkan bahan ajar. Kedua guru telah melakukan upaya penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa pada pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Kegiatan inti dilakukan dengan menerapkan kegiatan saintifik yang dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter dasar seperti disiplin percaya diri teliti dan punya rasa ingin tahu yang tinggi. Penanaman nilai-nilai karakter juga dilakukan guru dengan memberikan teladan yang baik kepada siswa. Ketiga guru menggunakan teknik observasi dan jurnal dalam menilai sikap siswa. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan kepada guru hendaknya membuat perencanaan pembelajaran dengan mengembangkan silabus yang memuat nilai-nilai karakter serta melakukan penilaian dengan menggunakan teknik penilaian sikap selain observasi dan jurnal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item