Pramesti, Yasinta Sindy (2015) Pembelajaran multi representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kualitas representasi siswa pada topik optika geometri / Yasinta Sindy Pramesti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pramesti Yasinta Sindy. 2015. Pembelajaran Multirepresentasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kualitas Representasi Siswa pada Topik Optika Geometri. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sutopo M.Si. (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata Kunci multirepresentasi pemahaman konsep kualitas representasi Salah satu aspek penting dalam pembelajaran fisika yaitu agar siswa mampu memahami konsep sehingga dapat menerapkannya untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi sehari-hari. Pemahaman konsep siswa yang baik diperlukan sebagai dasar dalam menyelesaikan permasalahan fisika.Konsep pada topik optika geometri merupakan konsep yang terjadi sehari-hari.Namun hal tersebut tidak menjamin siswa memiliki konsep yang benar tentang optika geometri. Apabilasiswatidakmemahamisuatukonsep makatidakdapatmenyelesaikanpermasalahan.Pembelajaran multirepresentasididuga dapat membantu siswa siswa untuk meningkatkan pemahaman.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran multirepresentasi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi optika geometri dan sejauh mana pembelajaran multirepresentasi dapat meningkatkan kualitas representasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model untuk menggali secara lengkap subjek penelitian.Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas X MIA C SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian ini adalah observasi pembelajaran data pemahaman konsep data kualitas representasi dan hasil wawancara. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu data sekor pemahaman konsep dengan paired sample t-test dan data kualitas representasi dengan rubrik. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu deskripsi pembelajaran multirepresentasi pemahaman konsep dengan constant comparative dan hasil wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa skor pemahaman konsep siswa meningkat dari rata-rata 40 88 menjadi 73 84 (p 0 01) dengan effect size sebesar 3 65 (kategori kuat) dan N-gain sebesar0 56 (kategori menengah atas). Ke sulitan-kesulitan yang masih muncul baik pada pretesdan postesantara lain dalam hal (1) menentukan bidang datar pada hukum pemantulan cahaya (2) prinsip pembentukan bayangan (3) syarat berlakunya f R/2 (4) peran layar pada pembentukan bayangan. Pem belajaran multirepresentasi dapat meningkatkan pemhaman konsepmelalui konstruksi berbagai representasi yang digunakan selama pembelajaran. Pembelajaran multirepresentasi dapat meningkatkan kualitas representasi yang dikonstruksi siswa dari missing dan inadequate menjadi adequate. Perubahankualitasrepresentasimenjadilebihlogis lengkap danbenarmembuatsiswalebihmudahmenganalisadanmemahamisuatupermasalahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |