Ferdiansyah, Achmad (2015) Pengembangan model assessment ketuntasan belajar dan re-teaching berbantuan komputer bagi siswa kelas XI / Achmad Ferdiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ferdiansyah Achmad. 2015. Pengembangan Model Assessment Ketuntasan Belajar dan RE-Teaching Berbantuan Komputer bagiSiswaKelas XI.Tesis Jurusan PendidikanFisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Dr. Wartono M. Pd. Kata Kunci model assessment ketuntasan belajar RE-teaching komputer Assessmentdanpembelajaranremidialmerupakankomponenpentingdalampembelajaran. Assessmentdanpembelajaranremidialbelumdilaksanakansecara optimal olehguru. Beberapapenyebabnyaadalah jumlahsiswa yang besar setiapsiswamemilikimasalah yang berbeda dandiperlukanwaktukhusussemen tara waktu yang dimiliki guru terbatas. Sebagaidampaknya siswa tidak tuntas pada satu materi dan mengalami kesulitan mempelajarimateri-materi berikutnya.Siswa juga kesulitan menghubungkan konsep-konsep yang terkait karena pada dasarnya Ilmu Fisika bersifat hirarki.Olehkarenaitu diperlu kan sistemremidialdanpengayaanterintegrasidenganassessmentuntukmembantu guru melakukan pembelajaranremidialdanpengayaanberdasarkankemampuansiswa. Tujuan dari penelitian ini adalahmenghasilkan model assessment ketuntasan belajar dan RE-Teaching berbantuan komputer yang valid danefektifpada materi rangkaianarussearah. Penelitianinimerupakanjenispenelitiandan pengembangan (R D).Sebagai model pengembangandigunakan model pengembanganSukmadinata yang meliputitahapstudipendahuluan tahapperancangandrafproduk tahappengembangandrafproduk dantahapujicoba. Ujicobadilakukan di MAN Tulungagung 1 melibatkansiswa guru danDosenFisika. Instrumen yang digunakan berupa angket panduanwawancara dantes. Data-data yang didapatkanberupadata kuantitatifdankualitatif. Kegiatan validasi meliputi validasi produk pengembangan validasibukupanduandanvalidasi soal pilihan ganda sebagai komponen produk. Validasi dilaksanakan oleh validator yangberasaldari Dosen Fisika. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik analisis rata-rata sedangkan data kualitatif digunakanuntukmelakukanrevisiproduk. Produk yang telahdirevisidiujicobapadasiswaKelas XI Akselerasidenganrancanganone group pretest-postest. Hasilujicobadianalisismenggunakanuji Wilcoxon denganmembandingkandatapretesdanpostessiswa. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa isiproduk yang dikembangkantermasukdalamkriterialayak bukupanduanmendapatkriteriacukuplayakdanbutirsoalpilihangandamendapatkriterialayak.Berdasarkan data kualitatif produk telah direvisi berdasarkan saran validatordansiswa. Hasil uji statistik menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh kesimpulan bahwa produk yang dikembanganefektif untuk membantu siswa mencapaiketuntasan belajar pada rangkaian arus searah.Beberapa kelebihan produk yang telah dikembangkan adalah sebagai berikut. (1) Produkdapatmembantu siswa mencapai ketuntasan dalam belajar. (2) Produk dapat memberikan umpan balik (feedback) kepada siswa setelah mengerjakan kuis. (3) Produkdapatmempermudah pekerjaan guru dalam mengoreksi kuis atau tugas siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |