Pengaruh permasalahan isomorfik terhadap keterampilan pemecahan masalah materi gerak harmonis sederhana siswa SMAN 5 Malang / Ahfidatul Husniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permasalahan isomorfik terhadap keterampilan pemecahan masalah materi gerak harmonis sederhana siswa SMAN 5 Malang / Ahfidatul Husniyah

Husniyah, Ahfidatul (2015) Pengaruh permasalahan isomorfik terhadap keterampilan pemecahan masalah materi gerak harmonis sederhana siswa SMAN 5 Malang / Ahfidatul Husniyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Husniyah Ahfidatul.2015. Pengaruh Permasalahan Isomorfik Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Materi Gerak Harmonis Sederhana Siswa SMAN 5 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Nandang Mufti M.T Ph.D. Kata Kunci permasalahan isomorfik keterampilan pemecahan masalah gerak harmonis sederhana Siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran fisika terjadi karena keterampilan pemecahan masalah yang rendah. Keterampilan pemecahan masalah dapat dilatihkan dengan permasalahan isomorfik. Permasalahan isomorfik adalah permasalahan yang memiliki perbedaan besaran dalam soal namun memiliki konsep sama. Permasalahan isomorfik dapat membantu siswa mengidentifikasi konsep dan informasi yang relevan dalam proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah siswa kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan isomorfik dan pengaruh permasalahan isomorfik terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan embedded design. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA 5 SMAN 5 Malang dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa. Konsep fisika yang dipelajari adalah gerak harmonis sederhana. Data kuantitatif yang diperoleh dari tes keterampilan pemecahan masalah dianalisis dengan uji t berpasangan uji average normalized gain dan uji effect size. Data kualitatif berupa kesulitan permasalahan isomorfik dan keterampilan pemecahan masalah diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Data kualitatif dianalisis dengan mereduksi pengkodean penyajian dan interpretasi data. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi gerak harmonis sederhana adalah kemampuan menggunakan proses berpikir dasar dalam memecahkan masalah (84%) mengumpulkan fakta tentang masalah yang diperlukan (75%) memberikan penyelesaian alternatif dan menguji penyelesaian tersebut (37 5%) mampu menjelaskan secara sederhana (57 5%) dan menyediakan solusi permasalahan secara umum (84%). 2) Kesulitan pemecahan masalah isomorfik antara lain kesulitan dalam mensubstitusikan besaran yang diketahui dalam soal pada persamaan mengaplikasikan besaran yang berbeda dengan hubungan periode secara sama tidak dapat memberikan solusi yang benar sesuai dengan konteks masalah yang diberikan membedakan besaran yang digunakan dalam konsep periode bandul dan pegas harmonis. 3) Permasalahan isomorfik meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Permasalahan isomorfik berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah terlihat pada peningkatan nilai tes.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59765

Actions (login required)

View Item View Item