Nadhiif, Muchammad Akbar (2014) Pengembangan tes isomorfik berbasis komputer untuk diagnostik miskonsepsi diri pada materi gaya dan hukum Newton / Muchammad Akbar Nadhiif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nadhiif Muchammad Akbar. 2014. Pengembangan Tes Isomorfik Berbasis Komputer untuk Diagnostik Miskonsepsi Diri pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Tesis Prodi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si (II) Dr. Sutopo M.Si. Kata Kunci tes isomorfik diagnostik diri miskonsepsi gaya dan hukum Newton. 12288 12288 12288 12288 Mengetahui kesalahan konsep fisika sejak dini sangat penting. Jika miskonsepsi tidak diketahui sejak dini maka miskonsepsi akan melekat pada pemikiran siswa. Miskonsepsi siswa dapat diketahui dengan berbagai alat identifikasi miskonsepsi. Berdasarkan kajian empirik menunjukkan bahwa beberapa alat identifikasi miskonsepsi di bidang mekanika khususnya gaya dan hukum Newton belum dapat diterapkan secara klasikal dan cepat. Pada tulisan ini dilaporkan hasil penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan mengembangkan Tes Isomorfik Berbasis Komputer (TIBEKOM) untuk diagnostik miskonsepsi diri siswa pada materi gaya dan hukum Newton. Penelitian ini juga mengungkap karakteristik dan menentukan kelayakan TIBEKOM. Lebih lanjut penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui jenis miskonsepsi siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi desain Borg dan Gall. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap. Beberapa tahap tersebut adalah penelitian dan pengumpulan data perencanaan mengembangkan bentuk awal produk uji lapangan awal revisi produk utama uji lapangan utama dan revisi produk operasional. Jenis subjek uji meliputi dosen siswa dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik penilaian dan tes isomorfik berbasis komputer yang dihasilkan. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa validasi validator. Data kualitatif berupa komentar dari dosen dan guru. Analisis yang digunakan menggunakan analis rata-rata. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan kreteria skala likert hasil uji produk yang dikembangkan memenuhi kreteria layak. Hasil pengembangan berupa TIBEKOM untuk diagnostik miskonsepsi diri siswa pada materi gaya dan hukum newton. Karakteristik produk yang dikembangkan antara lain berbentuk soal isomorf dapat menggali kelemahan dan kesulitan belajar siswa yang berupa miskonsepsi memberikan umpan balik pada siswa tentang hasil tes. TIBEKOM yang dikembangkan juga sudah mampu memberikan balikan mengenai kelebihan dan kelemahan siswa. Produk yang telah dikembangkan ini sebaiknya dikembangkan lagi dengan basis web yang dilengkapi dengan sistem database dan pengolahan nilai rata-rata kelas sehingga memudahkan guru dalam memberikan penekanan konsep dalam pembelajarannya. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pijakan kepraktisan baik dalam proses pembuatan maupun uji coba di kelas. Oleh karena itu miskonsepsi yang diteliti hanya yang diduga sering dialami siswa dan berdasarkan temuan penelitian sebelumnya. Pada pengembangan produk lebih lanjut miskonsepsi yang diidentifikasi dapat diperluas dengan merekap semua konsepsi pada konsep gaya dan hukum Newton.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |