Pengembangan bahan ajar fisika berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi / Iin Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi / Iin Ernawati

Ernawati, Iin (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi / Iin Ernawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar Fisika berbasis pemecahan masalah prestasi belajar SMK bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan bahan ajar harus memiliki pola spesifik yang dapat meningkatkan prestasi belajar. Keterlaksanaan pembelajaran konstruktivisme diperlukan bahan ajar berbasis penyelesaian masalah yang menyajikan masalah-masalah Fisika kontekstual. Bahan ajar ini harus dapat memenuhi tuntutan kurikulum dan kebutuhan karakteristik SMK. Lulusan SMK diharapkan memiliki kompetensi keahlian dan kompetensi dalam bahasa Inggris agar lulusan SMK mampu bersaing di era globalisasi. Hal ini menuntut mereka untuk berlatih membaca dan mendapatkan informasi dalam bahasa Inggris khususnya untuk siswa SMK bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi. Latihan tersebut dapat diterapkan melalui bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan keterlaksanaan penggunaan bahan ajar fisika berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R D) yang mengacu pada prosedur R D Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan yaitu tahap studi pendahuluan pengembangan dan pengujian. Hasil pengembangan berupa produk bahan ajar Fisika berbasis pemecahan masalah. Sebelum bahan ajar diujicobakan dilakukan validasi ahli dan uji keterbacaan pada guru dan siswa. Selanjutnya dilakukan uji coba penggunaan bahan ajar pada siswa kelas X semester 2 program studi keahlian teknik telekomunikasi kompetensi keahlian teknik suitsing SMK Negeri 4 Bondowoso. Subjek uji coba adalah 2 kelas yang diambil secara acak (simple random sampling) sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan bahan ajar produk hasil pengembangan sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan bahan ajar produk hasil pengembangan. Selanjutnya kedua kelas diberi tes prestasi belajar dan diperoleh data berupa nilai prestasi belajar dari kedua kelas. Data prestasi belajar dianalisis dengan uji perbedaan yaitu uji-t (Independen sample t-test). Berdasarkan hasil pengujian nilai t 2 03 pada signifikansi p 0 04 yang menunjukkan ada perbedan yang berarti (pada taraf signifikansi 0 05) antara prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan juga dilihat dari rerata nilai prestasi belajar kelas eksperimen 72 63 yang lebih tinggi dari rerata nilai prestasi belajar kelas kontrol 68 75. Hasil ini menunjukkan bahwa produk bahan ajar berbasis pemecahan masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59707

Actions (login required)

View Item View Item