Pengaruh pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Malang / Agnes Yuni Pujiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Malang / Agnes Yuni Pujiastuti

Pujiastuti, Agnes Yuni (2013) Pengaruh pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Malang / Agnes Yuni Pujiastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Inkuiri pengalaman sains terstruktur strategi metakognitif prestasi belajar kemampuan berpikir kreatif. Proses pembelajaran fisika yang dilakukan oleh guru pada umumnya bersifat konvensional. Guru cenderung mendistribusikan pengetahuan (transfer konsep) sehingga guru sebagai pusat kegiatan belajar (teacher centered) dan pembelajaran text book oriented sehingga siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep fisika. Melalui pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif siswa dapat mencapai tingkatpembelajaran yang bermakna. Berpikir kreatif pada strategi metakognitif dalam pembelajaran adalah mempersiapkan siswa agar siswa menjadi pemecah masalah yang tangguh pembuat keputusan yang matang dan siswa tidak pernah berhenti belajar. Tujuan penelitian ini adalah menguji 1) perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional 2) perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dan rendah yang belajar dengan pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional 3) interaksi antara pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar fisika kelas XI. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial 2x2 dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Populasipenelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perlakuan lesson plan lembar kerja siswa dan pengukuran rubrik penilaian berpikir kreatif dan naskah soal. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisisdata yang digunakan adalah anava dua jalan dan uji Tukey. Hasil penelitian adalah 1) prestasi belajar fisikasiswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional 2) prestasi belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dan rendah yang belajar dengan pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional dan 3) ada interaksi antara pembelajaran inkuiri pengalaman sains terstruktur dengan strategi metakognitif dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar fisika kelas XI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59699

Actions (login required)

View Item View Item