Persepsi guru tentang implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Lavita Erni Munikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Lavita Erni Munikasari

Munikasari, Lavita Erni (2015) Persepsi guru tentang implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Lavita Erni Munikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munikasari Lavita Erni. 2015. Persepsi Guru tentang Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd. Kata Kunci implementasi pembelajaran tematik terpadu persepsi SD Pemerintah mulai memberlakukan kurikulum baru yang disebut dengan Kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2013/2014 yang diimplementasikan melalui pembelajaran tematik terpadu.Pada kenyataan di lapangan terdapat pro-kontra tentang implementasi pembelajaran tematik terpadu yang berlandaskan Kurikulum 2013 ini. Banyak persepsidari paraguru yang muncul terhadap implementasi pembelajaran tematik terpadu yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi guru tentang perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik terpadu oleh guru kelas I II IV dan V di SD Negeri Se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Prosedur dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 responden.Setiap gugus diambil 2 Sekolah Dasar Negeri dengan masing-masing Sekolah Dasar terdiri dari 1 orang guru kelas I 1 orang guru kelas II 1 orang guru kelas IV dan 1 orang guru kelas V sebagai responden. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui angket/kuesioner tertutup yang dikembangkan oleh peneliti. Berdasarkan temuan penelitian dapat dipaparkan bahwa pada umumnya (91 30%) guru sudah memahami aspek-aspek perencanaan pembelajaran tematik terpadu yang meliputi menentukan tema menetapkan jaringan tema memetakan KD dan indikator yang akan dicapai menyusun silabus dan menyusun RPP. Pada umumnya (92 71%) guru sudah memahami aspek-aspek pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada umumnya (94 99%) guru sudah memahami aspek-aspek penilaian pembelajaran tematik terpadu yang meliputi karakteristik penilaian jenis penilaian dan teknik penilaian. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada umumnya guru sudah memahami aspek-aspek yang diperlukan dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Peneliti memberikan saran bagi kepala sekolah hendaknya mengevaluasi pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan oleh guru. Selain itu diharapkan bagi Bagi Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya dapat mengadakan pelatihan-pelatihan kepada guru kelas I II IV dan IV agar dapat melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item View Item