Suseno, Wawan (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Bang Haji pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) / Wawan Suseno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suseno Wawan. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. 1 SMPN 01 Bang Haji Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata Kunci hasil belajar keaktifan SPLDV TGT Berdasarkan hasil observasi awal dan hasil wawancara dengan guru matematika di SMPN 01 Bang Haji diketahui bahwa hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIII. 1 masih rendah terutama pada materi SPLDV. Penerapan model pembelajaran yang tepat perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif tipe TGT dinilai mampu untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII. 1 SMPN 01 Bang Haji. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII. 1 yang berjumlah 24 siswa tahun pelajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan meliputi (1) hasil observasi kegiatan guru (2) hasil observasi kegiatan siswa (3) hasil observasi keaktifan belajar siswa (4) tes hasil belajar (5) hasil angket (6) hasil wawancara. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGTtelah terlaksana dengan sangat baik yang meliputi lima tahap yaitu (a) penyajian kelas (b) belajar dalam kelompok (c) permainan (d) tournament dan (e) penghargaan kelompok. (2) keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran ini. (3) respon siswa positif terhadap pembelajaran kooperatif tipe TGT.(4) kelemahan penelitian ini yaitu siklus penelitian hanya dilaksanakan sampai siklus II sehingga peningkatan yang terjadi tidak bisa diketahui stabil atau tidak dan diskusi dengan observer tidak dicantumkan waktunya. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII. 1 SMPN 01 Bang Haji dan penerapan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. ABSTRACT Suseno Wawan. 2017. Implementing cooperative learning type TGT to improve the students activeness and learning outcome at class VIII.I of Junior High School 01 Bang Haji on Systems of Linear Equations Two Variables (SPLDV) materials. Thesis. Department of Mathematics Education Graduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M S M.Sc. (II) Prof Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Keywords Learning Outcomes Activeness SPLDV TGT Based on the results of preliminary observation and the results of interviews with mathematics teachers at SMPN 01 Bang Haji known that the results of student learning and activeness class VIII. 1 is still low especially on SPLDV material. Applying the right model of learning needs to be done in an effort to improve the activity and student learning outcomes in linear equation system two variable one of them is by applying cooperative learning. TGT type cooperative learning is considered capable to improve students activity and learning outcomes on two-variable linear equation system. The purpose of this study is to describe cooperative learning type TGT that can improve the activity and learning outcomes of students of class VIII. 1 SMPN 01 Bang Haji. This research is a Classroom Action Research (CAR). This study consists of two cycles. The subject of this research is class VIII. 1 which amounted to 24 students of the school year 2016/2017. The data collected were (1) the observation result of the teacher activity (2) the observation result of the student activity (3) the observation result of student learning activity (4) test result of learning (5) result of questionnaire (6) result of interview. This research procedure is carried out in the form of recurrent cycle in which there are four stages of planning implementation observation and reflection. The results showed that (1) the application of cooperative learning type TGT has been performed very well which includes five stages (a) class presentation (b) learning in groups (c) game (d) tournament and (e) group. (2) liveliness and student learning outcomes have improved after this learning. (3) positive student response to cooperative learning type TGT. (4) the weakness of this research is the research cycle is only implemented until cycle II so that the increase that happened can not be known stable or not and discussion with observer is not listed time. Based on the results of the above research can be concluded that the application of cooperative learning type TGT can improve the activity and learning outcomes of students of class VIII. 1 SMPN 01 Bang Haji and the application of this learning model can be used as an alternative in the implementation of learning activities.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59655 |
Actions (login required)
View Item |