Pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media manipulatif pada segiempat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.B SMPN 9 Kota Bima / Darmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media manipulatif pada segiempat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.B SMPN 9 Kota Bima / Darmawati

Darmawati (2017) Pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media manipulatif pada segiempat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.B SMPN 9 Kota Bima / Darmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darmawati. 2017. Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan media Manipulatif pada Segiempat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.B SMPN 9 Kota Bima. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd. dan (2) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph. D. Kata Kunci pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media manipulatif meningkatkan hasil belajar materi segiempat. Materi segiempat penting untuk dipelajari oleh siswa karena sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya siswa menggunakan konsep segiempat untuk membuat layang-layang. Tetapi fakta menunjukkan bahwa pembelajaran materi segiempat yang telah dilakukan selama ini belum mencapai hasil yang optimal. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan media manipulatif pada materi segiempat. Ini didasarkan pada hasil penelitian terdahulu bahwa pembelajaran missouri mathematics project dan penggunaan media manipulatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran MMP terdiri atas 4 tahap yaitu (1) reviu (2) pengembangan dan latihan terkontrol (3) latihan mandiri dan (4) penutup. Pada pembelajaran MMP siswa diberikan tugas proyek yang dapat membantu siswa membangun sendiri pemahaman terhadap materi dan latihan-latihan yang dapat membantu siswa terampil menyelesaikan beragam soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan menerapkan langkah-langkah pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segiempat. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di Kelas VII.B SMPN 9 Kota Bima pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017. Data yang dikumpulkan yaitu data hasil belajar siswa. Data ini diperoleh dari hasil penyelesaian tugas dan hasil tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru berkategori baik aktivitas siswa berkategori cukup dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 47 62%. Sedangkan pada sikluis II aktivitas guru berkategori sangat baik aktivitas siswa berkategori sangat baik dan persentase ketuntasan asil belajar secara klasikal adalah 85 71%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka penerapan pembelajaran missouri mathematics project dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segiempat. ABSTRACT Darmawati. 2017. Learning of Missouri Mathematics Project Assisted Manipulative on quadrilateral to Improve Learning Outcome of Students class VII.B SMPN 9 Kota Bima. Thesis Mathematics Education Major Postgraduate Program State University of Malang. Advisor (1) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd. and (2) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph. D. Keywords learning of missouri mathematics project assisted manipulative materials to Improve learning outcome quadrilateral. Quadrilateral is important for students to learn because very usefull in the daily life of students. For example students use a quadrilateral concept to create a kite. However the facts show that the learning of quadrilateral that have been conducted has not achieved optimal result. Based on this problem one of the efforts being made is to implement learning of Missouri Mathematics Project (MMP) Assisted Manipulative on quadrilateral. This is based on the results of previous research that learning of MMP and the use of manipulative in learning can improve students learning outcome. Learning of MMP consist of 4 step (1) review (2) development and controlled exercises (3) seatwork and (4) cover. In the learning of MMP students are given project assigments that can help students to build their own understanding and exercises that can help students skillfully complete various question. This research is a classroom action research that aims to implement learning of Missouri Mathematics Project Assisted Manipulative to improve students learning outcome on quadrilateral. Research procedures used in this research followed the model Kemmis and Mc Taggart namely planning action observation and reflection. This research conducted in the VII.B class SMPN 9 Kota Bima in the second semester of year school 2016/2017. The data collected are students learning outcome. This data obtained from the task completion and final test results. The result showed that in first cycle the activities of teachers are good criteria activities of student are enough criteria and percentage of classical learning outcome is 47 62%. In second cycle the activities of teachers are very good criteria activities of student are very good criteria and percentage of classical learning outcome is 85 71%. Based on these result it can be concluded the application of learning of Missouri Mathematics Project Assisted Manipulative can improve students learning outcome on quadrilateral.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59654

Actions (login required)

View Item View Item