Anamia, Desy Yanuari (2015) Pemahaman guru SDN terhadap kurikulum 2013 se-Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto / Desy Yanuari Anamia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anamia Desy Yanuari. 2015. Pemahaman Guru SDN Terhadap Kurikulum 2013 Se-Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Suhartono S.Pd M.Pd. (2) Drs.M.Imron RosyadiH.Sy S.Pd M.Pd. Kata Kunci pemahaman guru terhadap kurikulum 2103. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di salah satu Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Dari observasi tersebut diperoleh informasi mengenai kebingungan guru tehadap kurikulum 2013 yang sudah dijalankan selama satu semester. Selain itu peneliti juga mencari sumber dari media sosial dari media sosial ditemukan banyaknya pertanyaan yang di ajukan guru mengenai kurikulum 2013 dari segi pelaksanaan pembelajaran penyusunan RPP dan penilaian.Kurikulum 2013 adalah sebuah kurikulum yang dikembangkan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kemampuan soft skills dan hard skills yang berupa sikap keterampilan dan pengetahuan (Fadillah 2014 16). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap kurikulum sebagai bahan tercetak (2) mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap kurikulum sebagai proses (3) mengetahui tingkat pemahaman guru tentang pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 (4) mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap penyusunan RPP (5) mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel yang diambil adalah 100%(sampel total) berjumlah 88 responden yang terdiri dari guru SDN kelas I II IV dan V se-Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan penghitungan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman guru SDN terhadap kurikulum sebagai bahan tercetak diperoleh persentase sebesar 45% dengan kualifikasi CP pemahaman guru terhadap kurikulum sebagai proses diperoleh persentase sebesar 75% dengan kualifikasi P pemahaman guru terhadap pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 diperoleh persentase sebesar 46% dengan kualifikasi CP pemahaman guru terhadap penyusunan RPP diperoleh persentase sebesar 89% dengan kualifikasi SP dan pemahaman guru terhadap penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013 diperoleh persentase sebesar 51% dengan kualifikasi CP. Guru disarankan untuk lebih meningkatkan pemahamanya terhadap kurikulum 2013 dengan belajar dari berbagai sumber agar tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5955 |
Actions (login required)
View Item |