Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pulorejo 01 Kabupaten Jombang / Fitri Farlina - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pulorejo 01 Kabupaten Jombang / Fitri Farlina

Farliana, Fitri (2015) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pulorejo 01 Kabupaten Jombang / Fitri Farlina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farliana Fitri. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SDN Pulorejo 01 Kabupaten Jombang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Imam Nawawi M.Si (2) Dra. Murtiningsih M.Pd Kata Kunci Pendidikan Karakter Pembelajaran PKn Siswa kelas V SD Pendidikan karakter adalah upaya terencana yang dilakukan untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral yang baik kepada peserta didik. pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar salah satunya melalui mata pelajaran PKn. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Pulorejo 01 peneliti menemukan bahwa guru masih mengalami kendala dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V 2) karakter yang tampak pada implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn untuk siswa kelas V 3) hambatan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pulorejo 01 Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SDN Pulorejo 01 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Sumber data penelitian ini adalah manusia peristiwa dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi serta dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V dilakukan melalui tahap perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Pada tahap perencanaan guru menyiapkan silabus RPP dan bahan ajar berwawasan karakter. Pada tahap pelaksanaan guru berusaha untuk memberikan penanaman nilai-nilai karakter mulai dari kegiatan awal inti dan penutup. Sedangkan pada tahap penilaian terdapat penelitian proses dan hasil. Karakter yang tampak pada siswa kelas V diantaranya karakter sopan berani jujur peduli rukun kerjasama dan peduli lingkungan. Hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pendidikan karaker diantaranya adanya kegiatan yang sifatnya mendadak sehingga guru tidak bisa mengembangkan silabus dan RPP berwawasan karakter secara maksimal adanya pengaruh lingkungan yang kurang mendukung dan adanya sifat anak yang majemuk seperti suka mengganggu temannya pada saat kegiatan pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang dilakuakan diperoleh kesimpulan hasil penelitian yaitu 1) implementasi pendidikan karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V SDN Pulorejo 01 Kabupaten Jombang pada tahap perencanaan adalah dengan menyiapkan silabus RPP dan bahan ajar yang berwawasan karakter.Pada tahap pelaksanaan yaitu pembelajaran harus mencakup kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir dengan disisipi nilai-nilai karakter.Sedangkan pada tahap penilaian dalam pembelajaran PKn ada dua macam penilaian yaitu penilaian proses dan hasil. 2) Karakter siswa kelas V sudah menunjukkan karakter yang baik.Siswa kelas V sudah memiliki karakter sopan berani jujur peduli rukun kerjasama dan peduli lingkungan. 3) Hambatan yang dialami dibagi menjadi faktor eksternal dan internal. Faktor internal yang dihadapi yaitu adanya sifat anak yang majemuk seperti suka mengganngu temannya pada saat pembelajaran suka mengejek temannya. Sedangkan faktor eksternal yang dihadapi yaitu adanya pengaruh lingkungan yang kurang mendukung serta adanya kegiatan yang sifatnya mendadak sehingga guru tidak bisa mengembangkan silabus dan RPP yang berwawasan karakter secara maksimal. Berdasarkan penelitian di atas saran yang diajukan yaitu guru lebih mengarahkan pada pembelajaran PKn yang bersifat menginternalisasi nilai-nilai karakter dan pihak sekolah harus bekerjasama dengan orang tua siswa agar penanaman nilai karakter dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item