Khotimah, Cici Chusnul (2015) Pembelajaran matematika dengan strategi REACT untuk memahamkan siswa dalam mempelajari materi luas di kelas III B SD Al Ikhlash Lumajang / Cici Chusnul Khotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khotimah Cici Chusnul 2015. PembelajaranMatematikadenganStrategi REACT untukMemahamkanSiswadalamMempelajariMateriLuas di Kelas III SD Al IkhlashLumajang.Tesis. Program StudiPendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta M.Si (II) Dra. Santi Irawati M.Pd Ph.D Kata Kunci pembelajaranmatematika SD Relating Experiencing Applying Communicating Transferring(REACT) luas daerah persegi panjang Dari hasilobservasi di kelasIIISekolahDasarAl Ikhlash Lumajangdiperoleh data mengenaipermasalahan yangberkaitandenganpembelajaranyaitusiswa kesulitan pada saat mempelajari materi luas. Pembelajaran hanya menekankan pada hafalan rumus dan mengaplikasikannya pada soal rutin. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk menggali informasi untuk menemukan sendiri konsep materi luas daerah persegi panjang dan persegi. Hal tersebut mengakibatkan siswa tidak memahami konsep tentang luas dan kesulitan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan materi luas khususnya pada soal non rutin. Olehkarenaitu rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah bagaimana pembelajaran matematika dengan strategi REACT yang dapat memahamkan siswakelas III SD Al Ikhlash Lumajang dalam mempelajarimateri luas Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranmatematikamelaluistrategi REACT yang dapatmemahamkansiswakelas III SD Al IkhlashLumajangdalammempelajarimateriluas. Berikut ini adalah langkah-langkahpembelajaranmatematikamelaluistrategi REACT yang dapatmemahamkansiswakelas III SD Al IkhlashLumajangdalammempelajarimateriluas 1)Relatingdilakukandengancaramemberikancontohsoalmotivasi dan meminta siswamenentukanluaspermukaanbenda-benda di sekitarmereka.2)Experiencing dilakukandengancaramemberi kesempatan siswauntukmenemukansendirikonseptentangluasmelalui pemberian benda manipulatif.Selainitu siswajugadiberikanpengalamanuntuk menentukan luas benda-benda di sekitarmereka yang berbentukdaerahpersegipanjangataupersegi.3)Applyingsiswadimintauntukmenyelesaikansoalluas yang disajikandalambentuksoalcerita. Siswadiberikankesempatanuntukmenyelesaikansoaltersebutsecaraberkelompok dansecaraindividu. 4) Cooperatingmemberikan kesempatansiswauntuk belajar secaraberkelompok. Poinaktifataupenghargaan lain diberikanpadasiswa untukmembangkitkansemangatkerjasama. 5) Transferringpadapenelitianinidilakukandenganmemberikankesempatansiswauntukmenemukanpola-polasehingga dapatmenentukancaramenghitungluasdengancaraperkalian. Selainitu siswajugadiberisoal non rutin yang berasaldarisoalolimpiade. Berdasarkan hasil analisa data dari penelitian ini diperoleh informasi bahwa pembelajaran matematika pada materi luas dengan menggunakan strategi REACT dapat memahamkan siswa. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata penilaianaktifitasrelating experiencing applying cooperating dantransferring siswapadalembarpengamatanaktifitassiswamencapaikriteriatinggi. Skorpengamatanaktifitas guru mencapaikriteriatinggi. Hasil tes akhir siswa 83% dari jumlah siswa di kelastidak kurang dari KKM yaitu 70.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59511 |
Actions (login required)
View Item |