Pengembangan multimedia pembelajaran matematika mengacu pada teori beban kognitif / Kamarudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran matematika mengacu pada teori beban kognitif / Kamarudin

Kamarudin (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran matematika mengacu pada teori beban kognitif / Kamarudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamaruddin 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Mengacu pada Teori Beban Kognitif. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika PascaSarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Mulyati M.Pd (2) Dr. Hery Susanto M.Si Kata kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teori Beban Kognitif Transformasi. Proses pembelajaran materi transformasi di SMPN 11 Kota Malang guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku paket dibantu dengan media papan tulis. Penggunaan buku paket dan media papan tulis belum berperan optimal sesuai dengan fungsinya. Sementara multimedia pembelajaran pada materi transformasi yang beredar di internet dan pasaran kurang sesuai untuk siswa SMP. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang mengacu pada teori beban kognitif yaitu meminimalkan pemrosesan beban kognitif extraneous mengelola pemrosesan beban kognitif intrinsic dan meningkatkan pemrosesan beban kognitif germane. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Punaji (2010) yaitu identifikasi kebutuhan perumusan tujuan pengembangan produk penulisan alat ukur keberhasilan penulisan naskah media validasi revisi ujicoba naskah produksi/cetak. Hasil validasi dari ahli materi dan praktisi serta ahli media dan praktisi memperoleh skor 4 01 dan 4 10 pada skala 5 dikategorikan valid. Hasil observasi penggunaan multimedia pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh skor 3 80 dan 4 60 pada skala 5 dikategorikan praktis. Dari hasil tes uji coba kelompok kecil sebanyak 83 33% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 84 33 dikategorikan efektif sedangkan hasil uji coba kelompok besar sebanyak 32 14% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 65 75 menunjukkan belum efektif. Hal ini disebabkan faktor situasi ketidak nyamanan siswa dan kesulitan peneliti untuk berkomunikasi dengan siswa dalam pembelajaran di kelas berdampak pada meningkatnya beban kognitif extraneous sehingga mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami materi transformasi. Hasil angket respon siswa dari uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh skor 4 54 dan 4 18 pada skala 5 dikategorikan respon positif. Sedangkan hasil wawancara dengan siswa tidak terdapat bagian dari multimedia pembelajaran yang mengganggu konsentrasi selama pembelajaran. Dengan demikian multimedia pembelajaran yang dikembangkan merupakan media pembelajaran yang valid praktis sesuai beban kognitifnya namum belum efektif. Untuk pengembangan lebih lanjut multimedia pembelajaran ini perlu di ujicobakan pada kondisi normal untuk meningkatkan keefektifan serta dikombinasikan dengan program penyimpanan data (database) sehingga hasil aktivitas siswa dapat terekam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59491

Actions (login required)

View Item View Item