Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan game puzzle untuk meningkatkan pemahaman materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII MTS Roudhotus Syifa' Malang / Qurrota A'yun - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan game puzzle untuk meningkatkan pemahaman materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII MTS Roudhotus Syifa' Malang / Qurrota A'yun

A'yun, Qurrota (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan game puzzle untuk meningkatkan pemahaman materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII MTS Roudhotus Syifa' Malang / Qurrota A'yun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

A yun Qurrota. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT Menggunakan Game Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII MTs SA Roudhotus Syifa Malang. Tesis. Program studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc (2) Dr. Cholis Sa dijah M. Pd M.A. Keyword Pembelajaran Kooperatif TGT Game Puzzle Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar. 12288 12288 12288 Pemahaman matematika siswa kelas VIII MTs SA Roudhotus Syifa Malang pada materi bangun ruang sisi datar dapat dikatakan cenderung rendah. Selain itu pembelajaran yang guru terapkan tidak mampu melibatkan siswa secara aktif. Berdasarkan kondisi tersebut sehingga perlu suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar. Salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen (TGT) dan dipadukan dengan game puzzle. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif TGT menggunakan game puzzle untuk meningkatkan pemahaman materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII MTs SA Roudhotus Syifa Malang yang terdiri dari 25 siswa. 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian berupa hasil tes akhir hasil Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berupa potongan-potongan kartu puzzle hasil tournament observasi kegiatan guru dan siswa dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang ditunjang dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu (1) analisis data perangkat pembelajaran dan instrumen penelitia (2) analisis data hasil tes (3) analisis data hasil observasi kegiatan guru dan siswa dan (4) analisis data hasil wawancara. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe TGT menggunakan game puzzle dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs SA Roudhotus Syifa Malang terhadap materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada akhir siklus I siswa yang memperoleh skor di atas 75 adalah sebanyak 14 dari 25 siswa yang mengikuti tes dengan presentase rata-rata sebesar 56%. Pada akhir siklus II siswa yang memperoleh skor di atas 75 adalah sebanyak 21 siswa dari 25 siswa yang mengikuti tes dengan rata-rata sebesar 84%. Tahapan-tahapan pembelajaran kooperatif tipe TGT yang perlu mendapat perhatian lebih yaitu pada tahap game dan tournament.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59479

Actions (login required)

View Item View Item