Pengembangan media powerpoint interaktif pada subtema giat berusaha meraih cita-cita untuk siswa kelas IV di SDN Lesanpuro 3 Malang / Anna Wahyuni Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media powerpoint interaktif pada subtema giat berusaha meraih cita-cita untuk siswa kelas IV di SDN Lesanpuro 3 Malang / Anna Wahyuni Fajarwati

Fajarwati, Anna Wahyuni (2015) Pengembangan media powerpoint interaktif pada subtema giat berusaha meraih cita-cita untuk siswa kelas IV di SDN Lesanpuro 3 Malang / Anna Wahyuni Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fajarwati Anna Wahyuni. 2015. Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pada Subtema Giat Berusaha Meraih Cita-Cita untuk Siswa Kelas IV di SDN Lesanpuro 3 Malang. Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas lmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan powerpoint interaktif Pada kegiatan analisis kebutuhan ditemukan fakta bahwa guru mengalami kendala dalam menyampaikan materi pembelajaran karena siswa yang memperhatikan materi hanya siswa yang duduk di baris depan. Selama ini guru lebih banyak menggunakan media gambar. Pada SDN Lesanpuro 3 Malang terdapat sarana laboratorium komputer yang belum dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran. Selama kegiatan pembelajaran komputer di laboratorium komputer terlihat bahwa siswa memiliki antusias yang tinggi ketika mereka belajar hal-hal baru terkait program yang ada pada komputer. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penelitian ini mengambil fokus pada pengembangan media Powerpoint interaktif berbasis komputer yang diharapkan dapat memberi pembaharuan dalam membelajarkan siswa dengan mempertimbangkan penyampaian media yang dikemas dengan menarik sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar berdasarkan validasi para ahli. Penelitian untuk menghasilkan produk ini menggunakan modifikasi model Borg dan Gall dengan melaksanakan 8 langkah. Langkah yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan desain produk pengembangan media Powerpoint interaktif validasi ahli revisi awal produk Powerpoint interaktif uji coba lapangan revisi akhir produk Powerpoint interaktif dan produk akhir media Powerpoint interaktif. Berdasarkan hasil analisis data mengenai validasi produk oleh ahli materi diperoleh rata-rata persentase validitas 97%. Pada ahli media memperoleh rata-rata persentase validitas 83%. Pada validasi pengguna (guru) memperoleh rata-rata persentase 98%. Berdasarkan data hasil uji coba pada 10 orang siswa diperoleh rata-rata persentase 92%. Keseluruhan data yang diperoleh menunjukkan bahwa produk media Powerpoint interaktif ini memiliki tingkat validitas yang tinggi dengan kriteria sangat layak tanpa revisi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa produk layak diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan diseminasi dan saran pengembangan produk lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran. Saran diseminasi yaitu disarankan agar media ini dapat disebarluaskan melalui jurnal penelitian pengunduhan dan didistribusikan ke sekolah-sekolah. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu untuk peneliti selanjutnya supaya mengembangkan produk yang dilakukan dalam skala luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5947

Actions (login required)

View Item View Item