Bakri, Samsul (2014) Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas X-G smester I MAN Trenggalek / Samsul Bakri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bakri Samsul. 2014. Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas X - G Semester I MAN Trenggalek. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja Ph.D. (II) Dr. Sisworo S.Pd. M.Si. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe NHT Pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pemahaman siswa tentang konsep sistem persamaan linear dua variabel masih belum baik. Pemahaman siswa masih lemah. Hal ini terlihat dari hasil wawancara tes awal dan hasil pengamatan di lapangan. Pada umumnya tahapan pembelajaran di kelas yaitu (1) Mempersiapkan dan memotivasi siswa untuk belajar (2) menjelaskan materi (3) memberi contoh soal dan latihan. Di kelas siswa tidak aktif. Menurut peneliti untuk menyelesaikan permasalahan di atas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini bernaung dalam teori konstruktivis. Pembelajaran kooperatif tipe NHT dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam review materi dan untuk memeriksa pemahaman siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka peneliti melakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas X-G Semester I MAN Trenggalek . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa kelas X-G semester I MAN Trenggalek. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif ini juga sangat positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59441 |
Actions (login required)
View Item |