Problematika implementasi kurikulum 2013 oleh guru SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Vionita Rizky Ananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika implementasi kurikulum 2013 oleh guru SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Vionita Rizky Ananda

Ananda, Vionita Rizky (2015) Problematika implementasi kurikulum 2013 oleh guru SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Vionita Rizky Ananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ananda Vionita Rizky. 2015. Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Oleh Guru SDN Se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Suhartono S.Pd M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd Kata Kunci Problematika Implementasi kurikulum 2013 Banyak pro dan kontra mengenai implementasi kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru kelas I guru menghadapi dalam waktu pembelajaran dan penilaiannya. Beberapa berita juga menyebutkan masalah tentang kurikulum 2013 ini juga ditemukan saat peneliti melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Permasalahan tentang kurikulum 2013 juga diperkuat dengan kebijakan baru Anies Baswedan selaku menteri kebudayaan dan pendidikan tentang penangguhan sementara kurikulum 2013. Mendikbud membentuk tim khusus untuk merevisi kekurangan-kekurangan yang ada pada kurikulum 2013 yang telah diterapkan di lapangan. Peneliti melakukan penelitian terkait problematika implementasi kurikulum 2013 yang ada di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan fokus penelitian antara lain (1) problematika dalam merancang perencanaan pembelajaran (2) problematika dalam melaksanakan pembelajaran dan (3) problematika dalam melaksanakan penilaian pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan purposive sampling. Subjek penelitian ini merupakan guru kelas I II IV dan V di SDN se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malangyang telah melaksanakan kurikulum 2013 dengan sampel sebanyak 72 responden. Hasil penelitian tentang problematika guru SDN se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang tentang perencanaan pembelajaran tahun 2014/2015 diketahui bahwa guru mengalami problematika pada pengembangan RPP komponen-komponen RPP dan prinsip penyususnan RPP. Problematika yang paling menonjol terlihat pada pengembangan silabus kompetensi dasar yang tidak terdapat materinya pembuatan RPP dan penilaian yang direncanakan masih sesuai dengan apa yang dituliskan pada buku guru. Hasil penelitian tentang problematika guru SDN se-Kecamatan kedungkandang Kota malang terhadap pelaksanaan pembelajaran tahun 2014/2015 diketahui bahwa problematika dialami pada buku guru dan buku siswa kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Problematika yang paling menonjol terletak pada distribusi buku guru dan buku siswa pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu dan pendekatan saintifik pengelolaan kelas materi yang mancakup konsep awal/pengetahuan awal saja serta setiap satu pembelajaran yang harus selesai dalam waktu satu hari. Hasil penelitian tentang problematika guru SDN se-Kecamatan kedungkandang Kota malang terhadap penilaian pembelajaran tahun 2014/2015 diketahui bahwa problematika terletak pada jenis penilaian dan teknik penilaian. Problematika yang paling menonjol yaitu pada penilaian otentik dan penilaian berbasis portofolio penilaian diri dan penilaian antar teman penilaian jurnal cacatan guru serta penilaian proyek. Saran bagi guru apabila ada kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 yaitu dapat membaca buku panduan teknis dan dasar-dasar hukum implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar dari Kemendikbud. Guru juga dapat bertanya kepada teman sejawat kepala sekolah dan pengawas.Bila terjadi keterlambatan distribusi buku guru dapat mendownload file buku guru dan buku siswa di internet. Saran bagi pemerintah yaitu menyesuaikan kompetensi dasar dengan materi pada buku siswa. Materi dalam buku siswa lebih terinci dan memperbanyak latihan soal lagi agar peserta didik lebih memahami materi yang sedang dipelajari.Mengadakan Workshop tentang merancang perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang melibatkan guru secara langsung agar guru benar-benar paham dan bisa menerapkan pembelajaran dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5940

Actions (login required)

View Item View Item