Prasetyo, Aditya Eko (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis interactive whiteboard mata pelajaran transmisi manual motor kelas XII semester genap di SMK Negeri 9 Malang / Aditya Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyo Aditya Eko. 2015. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis interactive whiteboard mata pelajaran transmisi manual motor kelas XII semester genap di SMK Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Anselmus J.E. Toenliou. Dr M.Pd. (II) Saida Ulfa. S.T. M.Edu. Ph.D. Kata Kunci Presentasi Multimedia Interactive Whiteboard. Metode presentasi sering dipakai guru untuk menyampaikan materi didalam kelas. Media presentasi yang sering dipakai adalah media slide proyektor atau OHP. Pada saat ini telah dikembangkan sebuah media presentasi yang menggunakan teknologi IWB. Tetapi harganya cukup mahal maka diciptakan sebuah tiruan IWB untuk meminimalis harga tersebut. IWB terdiri dari komputer yang terhubung pada sebuah proyektor atau papan layar sentuh besar yang menampilkan gambar terproyeksi kemudian gembar tersebut dapat dipindahkan disekitar papan atau berubah bentuk dengan mudah. Penelitian inimenggunakan model pengembanganBorg dan Gall langkah-langkahpengembanganyaitu penelitian dan mengumpulkan informasi perencanaan penelitian pengembangan utama produk Uji lapangan terbatas revisi hasil uji lapangan terbatas uji lapangan lebih luas dan revisi dan produk akhir. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 9 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif (instrumen ahli media ahli materi dan siswa). Pengembangan multimedia pembelajaran divalidasi oleh seorang ahli media ahli materi dan diuji cobakan kepada 27 siswa 7 siswa uji coba lapangan terbatas 20 siswa uji coba lapangan utama. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh total persentase 92.71% hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 92 00% dari uji coba lapangan terbatas diperoleh total persentase 88 27% dan uji coba lapangan utama diperoleh total persentase 89 29%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa multimedia ini valid dan layak untuk kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/594 |
Actions (login required)
View Item |