Peningkatan hasil belajar matematika tentang bilangan pecahan melalui model Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IIIA SDN Bendo 1 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Nuning Kristiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika tentang bilangan pecahan melalui model Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IIIA SDN Bendo 1 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Nuning Kristiani

Kristiani, Nuning (2015) Peningkatan hasil belajar matematika tentang bilangan pecahan melalui model Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IIIA SDN Bendo 1 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Nuning Kristiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kristiani. Nuning. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bilangan Pecahan Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas III SDN Bendo 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S. Pd M. Si (II) Dra. Tri Murti S. Pd M. Pd. Kata kunci peningkatan hasil belajar bilangan pecahan model TGT sekolah dasar Observasi awal yang telah dilakukan di SDN Bendo Kota Blitar pada pembelajaran Matematika materi bilangan pecahan ditemukan beberapa masalah di antaranya 1) metode yang digunakan guru hanya ceramah dan penugasan 2) guru jarang menggunakan model pembelajaran 3) siswa tidak memperhatikan guru selama pembelajaran Hal inilah yang menyebabkan nilai hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari 25 siswa hanya 7 siswa yang nilainya di atas KKM yakni 70 dengan persentase KBK sebesar 28%. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TGT pada pembelajaran Matematika materi bilangan pecahan di kelas IIIA (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bilangan pecahan melalui model TGT di kelas III SDN Bendo 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Kegiatan yang dilakukan dalam setiap pertemuan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIIA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada pembelajaran Matematika kelas IIIA SDN Bendo 1 Kota Blitar. Pada siklus I keberhasilan aktivitas guru sebesar 92% dengan kategori sangat baik meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Sedangkan keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 96% dengan kategori sangat baik. Selain itu penerapan model TGT juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75 dengan persentase 72% dan masuk dalam kategori cukup baik meningkat pada siklus II sebesar 86 dengan persentase 92% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas IIIA SDN Bendo 1 Kota Blitar. Selain itu hasil belajar siswa juga meningkat dengan menggunakan model TGT. Dengan demikian disarankan hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran TGT pada pembelajaran Matematika khususnya materi pecahan agaraktivitas guru aktivitas siswa serta hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item