Peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui model guided discovery di kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar / Nivea Ayu Rugista - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui model guided discovery di kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar / Nivea Ayu Rugista

Rugista, Nivea Ayu (2015) Peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui model guided discovery di kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar / Nivea Ayu Rugista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rugista Nivea Ayu. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Melalui Model Guided Discovery di Kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (2) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar model guided discovery 12288 12288 12288 12288 Proses pembelajaran Matematika yang dilakukan pada kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) guru belum menyiapkan RPP saat mengajar (2) guru dominan menggunakan metode ceramah saat mengajar (3) guru jarang menggunakan media saat mengajar (4) sumber belajar yang sering dipakai hanyalah buku LKS. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran Matematika tidak berjalan sesuai konsep dasar pembelajaran Matematika yang menggunakan kegiatan penemuan dan kurang maksimalnya hasil belajar siswa Data ini didukung dengan hasil belajar yang diperoleh pada tahap pratindakan hanya 36% siswa yang mencapai nilai KKM (70) yang telah ditentukan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilaksanakan dengan rancangan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperoleh da-lam penelitian ini meliputi data keterlaksanaan model pembelajaran guided disco-very pada setiap siklus data aktivitas guru dan siswa serta data peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Guided Discovery telah terlaksana dengan sangat baik dan telah memenuhi target yang diharapkan. Rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I 83 3% (Baik) dan 97% (Sangat Baik) pada siklus II. Sementara itu rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 67% (Cukup) dan 86% (Sangat Baik) pada siklus II. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika tentang pecahan dengan menerapkan model Guided Discovery. Rata-rata nilai siswa saat pratindakan yang hanya mencapai 65% (Cukup) meningkat menjadi 73 (Baik) pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 82 (Baik) pada siklus II. Sementara itu persentase ketuntasan belajar siswa dari tahap pratindakan yang hanya mencapai 36% (Sangat Kurang) meningkat menjadi 64% (Baik) pada akhir siklus I kemudian meningkat mencapai 91% (Sangat baik) akhir siklus II. 12288 12288 12288 12288 Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model guided discovery yang dilaksanakan guru dan siswa dengan sangat baik pada pembelajaran Matematika materi pecahan dapat meningkatkan hasil belajar yang baik dan ketuntasan belajar klasikal yang sangat baik di kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan model guided discovery dalam pembelajaran agar hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item View Item