Kurniawati, Iin Lutfi (2015) Penerapan media standar lembar balik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik terpadu siswa kelas V SDN Tunggal Pager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto / Iin Lutfi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurniawati Iin Lutfi. 2015. Penerapan Media Standar Lembar Balik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas V SDN Tunggal Pager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M.Imron Rosyadi. H.SY S. Pd M.Pd (II) Drs. Imam Nawawi M.Si Kata Kunci Media Standar Lembar Balik Aktivitas Belajar Hasil Belajar Tematik SD Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pembelajaran tematik yang dilakukan di kelas VB SDN Tunggal Pager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto masih berpusat pada guru. Hal ini dapat dilihat dari penyampaian materi yang masih sangat konvesional yang menggunakan metode ceramah tidak ada umpan balik antara guru dengan siswa dan tidak ada penggunaan media untuk membantu penyampaian materi. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 70. Agar dapat meningkatkan pembelajaran tematik perlu diadakan perbaikan dengan menerapkan media pembelajaran standar lembar balik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan media standar lembar balik pada pembelajaran tematik tema Sejarah Peradaan Indonesia (2) aktivitas siswa selama pembelajaran tematik tema Sejarah Peradaban Indonesia dengan media standar lembar balik (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik tema Sejarah Peradaban Indonesia setelah diterapkan media standar lembar balik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi potofolio. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu modifikasi APKG 1 modifikasi APKG 2 lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media standar lembar balik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema Sejarah Peradaban Indonesia di SDN Tunggal Pager Kecamatan Punggging Kabupaten Mojokerto. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan guru dalam penerapan media. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I diperoleh 68% dan pada siklus II menjadi 92%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari rata-rata siklus I 72 2 atau 71% pada siklus II menjadi 80 6 atau 93%. Peningkatan tersebut terjadi diakrenakan guru telah mampu memfokuskan perhatian siswa pada meteri dengan menerapkan media standar lembar balik. Siswa menjadi lebih terfokus memperhatikan materi yang diberikan oleh guru dan siswa lebih antusias saat proses pembelajaran hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan media standar lembar balik dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VB SDN Tunggal pager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto untuk itu disarankan agar guru menerapkan media lembar balik dalam pembelajaran tematik terpadu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5914 |
Actions (login required)
View Item |