Gufita, Galuh (2015) Peningkatan hasil belajar IPS tentang koperasi melalui model discovery learning di kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Galuh Gufita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Gufita Galuh. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Koperasi Melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suminah S.Pd M.Pd (2) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci peningkatan ips koperasi model discovery learning Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar diketahui bahwa guru menggunakan metode ceramah siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran strategi dan pemberian tugas yang diberikan guru tidak menarik. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu hanya 7 dari 36 siswa yang tuntas dalam kegiatan pembelajaran dan untuk 29 siswa masih belum tuntas maka dari itu perlu diadakan tindakan perbaikan. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPS dan mendeskripsikan hasil belajar IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di-lakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran IPS tentang koperasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru dari kurang baik (50%) pada pratindakan meningkat menjadi baik (88) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi sangat baik (100%) pada siklus II dan untuk aktivitas siswa juga meningkat dari kurang baik (58%) pada pratindakan menjadi cukup baik (68%) pada siklus I meningkat lagi menjadi baik (85%) pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang sebelumnya kurang baik (55%) pada pratindakan meningkat menjadi cukup baik (65%) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi baik (82%) pada siklus II. Untuk ketuntasan klasikal meningkat dari sangat kurang baik (19%) pada patindakan menjadi kurang baik (34%) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi baik (88%). Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penerapan model Discovery Learning yang sangat baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari yang kurang baik menjadi baik dengan ketuntasan klasikal yang awalnya sangat kurang baik menjadi baik. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5913 |
Actions (login required)
View Item |