Penggunaan media boy-boyan pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V di SDN Arjosari 02 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media boy-boyan pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V di SDN Arjosari 02 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Tri Wahyuni

Wahyuni, Tri (2015) Penggunaan media boy-boyan pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V di SDN Arjosari 02 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni Tri. 2015. Penggunaan Media Boy-boyan pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik Kelas V di SDN Arjosari 02 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Permainan Boy-boyan Pembelajaran IPS Aktivitas belajar Kelas V SDN Arjosari 02 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. 12288 12288 12288 12288 Permainan Boy-boyan merupakan suatu aktivitas yang dilakukan secara kelompok. Aktivitas dalam permainan membantu peserta didik menjalin hubungan sosial antar satu dengan yang lainnya mengembangkan imajinasi mengembangkan kognisi bahasa dan motorik selain itu media boy-boyan menanamkan sikap hidup dan keterampilan seperti nilai kerjasama kedisiplinan kejujuran dan musyawarah. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi pada bulan Februari di SDN Arjosari 02 Kalipare sebanyak 18% atau 4 peserta didik telah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran IPS 68% atau 18 peserta didik lainnya belum mencapai ketuntasan. Penggunaaan permainan Boy-boyan dalam pembelajaran belum pernah di lakukan di SDN Arjosari 02 Kalipare dan guru setuju untuk diadakan. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dirancang dengan metode Penelitian Tindakan Kelas melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tujuan penelitian yaitu (1) Mendiskripsikan penggunakan media boy-boyan pada pembelajaran IPS (2) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas V setelah menggunakan media boy-boyan pada pembelajaran IPS (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V setelah menggunakan media boy-boyan pada pembelajaran IPS. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP dan melaksanakannya sudah sangat baik selanjutnya aktivitas belajar peserta didik pemberian tindakan pada siklus I dinyatakan berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal itu ditunjukkan adanya rata-rata kelas pada aktivitas belajar siklus I yaitu 82 77 meningkat 0 2% menjadi 82 97 pada siklus II. Hasil belajar menunjukkan peningkatan dari pratindakan sebesar 66 13 menjadi 71 36 (C) pada siklus I dan mengalami peningkatan yang baik pada siklus II yaitu dengan rata 81 76 (B). Dengan demikian dapat simpulkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada penelitian tindakan telah memenuhi target. Hal itu menunjukkan bahwa penggunaan media boy-boyan pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Arjosari 02 Kalipare. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) guru dapat menerapkan media boy-boyan sebagai salah satu alternatif dalam menentukan media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik (2) peneliti lain dapat melanjutkan penelitian dengan menggunakan media boy-boyan pada berbagai jenjang kelas baik pada mata pelajaran IPS maupun yang lainnya dengan karakteristik yang sesuai antara materi dan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item View Item