Teacher's and eleventh grade students' attitude toward the use of Bahasa Indonesia (L1) in EFL classroom / Rizky Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Teacher's and eleventh grade students' attitude toward the use of Bahasa Indonesia (L1) in EFL classroom / Rizky Rahman

Rahman, Rizky (2019) Teacher's and eleventh grade students' attitude toward the use of Bahasa Indonesia (L1) in EFL classroom / Rizky Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahman Rizky.2019.SikapGurudanSiswakelasXIterhadapPenggunaanBahasa Indonesia(L1)dikelasBahasaInggris.Tesis.Program PascasarjanaPendidikan BahasaInggris UniversitasNegeriMalang.Pembimbing (1)Dr.EnnyIrawati M.Pd.(2)Dr.UtariPrabaAstuti M.A. KataKunci guru siswakelasXI sikap BahasaIndonesia kelasBahasaInggris. Dalam kontekspengajarandanpembelajaranbahasaasing dikelasBahasa InggrismeskipunbahasayangdipakaiadalahbahasasasaranyaituBahasaInggris penggunaanBahasapertamatidakterhindarkansehinggagurudansiswatidakdapat menghindariuntukmenggunakannya.Thesisinimenggambarkantentangsikapguru dansiswakelassebelasterhadappenggunaanbahasapertama(BahasaIndonesia)di kelasBahasaInggris.Sikapmemilikitigakomponenyaitu afektif tingkahlaku dan kognitif.Studiinimengambilsatukomponen afektifyangmanaperasaandanemosi gurudansiswaterhadappenggunaanbahasapertamadigambarkan. Studiinidilaksanakandiduasekolah yaituSMAN1danSMAN2Kandangandi KabupatenHuluSungaiSelatan ProvinsiKalimantanSelatan.Desainpenelitianyang dipakaiadalahsurveydesain.Partisipandalam studiiniadalahdelapanorangguru BahasaInggrisdan339siswakelasXI.Datadikumpulkanmelaluiprosesperekaman yangmanakuesionerdiberikankepadagurudansiswadanwawancaradiberikan kepadaguru. Temuanmenunjukkanbahwagurumenunjukkansikapnegatifterhadap penggunaanBahasaIndonesia sedangkansiswamenunjukkanperilakupositif.Hallain yangditemukanadalahgurumenyadaritentangpentingnyapenggunaanBahasaInggris sebanyakmungkindikelas.Bagaimanapunjugamerekatidakdapatmenolakperlunya penggunaanBahasaIndonesiauntukkondisitertentu. Berdasarkantemuantersebutdisimpulkanbahwasebagianbesargurumemilih menggunakanBahasaInggrisdikelasuntukmemberikaninstruksikepadasiswa. Namunkarenatidaksemuasiswamampumemahamiinstruksidalam BahasaInggris penggunaanBahasaIndonesiatidakdapatdihindari.Selanjutnya disarankanbahwa meskipunpenggunaanBahasaIndonesiadisukaiolehsiswa gurutidakharuslangsung menggunakannyasebagaimediainstruksi.Karenasiswamemilikitingkatkemampuan BahasaInggrisyangberbedapenggunaanBahasaIndonesiatidakdapatdihindari namunketikatingkatkemampuanBahasaInggrismerekameningkatpenggunaan BahasaIndonesiaharusdikurangi. Untukpenelitianselanjutnyayangberhubungandengantopikini disarankan untukmemuatempatkeahlianberbahasa yaitu mendengarkan berbicara membaca menulis sertahal-hallainnyayangberhubungandengankebahasaandanpengajaran bahasasehinggapenelitiantersebutakansangatbermanfaatuntukpengajaranbahasa terutamasekalipengajaranBahasaInggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59029

Actions (login required)

View Item View Item