Sari, Sartika Purnama (2015) Peningkatan pemahaman keindahan alam negeriku melalui model problem based learning kelas IV SDN Bendo 1 Kepanjenkidul Kota Blitar / Sartika Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sari Sartika Purnama. 2015. Peningkatan Pemahaman Keindahan Alam Negeriku Melalui Model Problem Based Learning Kelas IV SDN Bendo 1 Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suwarti S.Pd M.Pd (2) Dra.Yuliwidiarti S.Pd. Kata kunci peningkatan keindahan alam negeriku model Problem Based Learning Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada kelas IV SDN Bendo 1 Kepanjenkidul Kota Blitar diketahui bahwa guru menggunakan metode ceramah siswa yang bermain sendiri dengan teman sebangkunya penugasan yang diberikan berupa hafalan. Hal tersebut mengakibatkan pemahaman siswa rendah sehingga perlu diadakan penelitian. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatan pemahaman keindahan alam negeriku pada siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kepanjenkidul Kota Blitar. Metode penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di-lakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatan pemahaman keindahan alam negeriku dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian pratindakan sampai siklus II diketahui adanya peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan pemahaman siswa. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan 62 % pada siklus I dan 80% pada siklus II atau meningkat sebesar 18%. Sedangkan peningkatan pemahaman siswa ditunjukkan oleh rata-rata nilai akhir hasil belajar siswa yang meningkat yang meningkat pada pratindakan 57 meningkat pada siklus I 67 5 dan siklus II naik menjadi 81 siswa yang tuntas pada siklus II (dari 34 siswa 31 siswa tuntas belajar) dan yang belum tuntas ada 3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa yang ditunjukkan pada meningkatnya hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kepanjenkidul Kota Blitar. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa dan dapat menerapkan model Problem Based Learning pada muatan pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5898 |
Actions (login required)
View Item |